Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 12 Apr 2021 10:43 WIB

TRAVEL NEWS

Hore! Wisata Gunung Kelud Kembali Buka, Begini Kondisinya

Andhika Dwi
detikTravel
Hore! Wisata Gunung Kelud Kembali Buka, Begini Kondisinya
Foto: Andhika Dwi/detikcom
Jakarta -

Menjelang Ramadhan, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Kediri sejak Minggu (11/4/2021) dibuka kembali. Termasuk Gunung Kelud. Begini kondisinya.

Meski tahap uji coba, masyarakat menyambutnya dengan antusias agar roda perekonomian kembali bergerak.

Tempat wisata yang telah beroperasi adalah Wisata Sumber Podang, di Desa Joho, Kecamatan Semen dan Gunung Kelud Kabupaten Kediri. Wisata Sumber Podang merupakan wisata di lereng Gunung Wilis yang cukup banyak diminati wisatawan, selain Gunung Kelud

Pariwisata yang tutup sementara sejak awal Pandemi Covid-19 pada Maret 2020 ini dibuka dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat mulai dari memakai masker, face shield, sarung tangan demi mencegah penularan.

Sementara itu pengunjung yang masuk wajib pakai masker, diukur suhu tubuhnya, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selain itu setiap warung makan wajib menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, sedangkan untuk tukang ojek juga harus menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Adi Suwignyo, ini merupakan uji coba awal dibukanya wisata yang ada di Kabupaten Kediri.

"Pemerintah telah menyiapkan sarana dan prasana yang menunjang protokol kesehatan. Walaupun masih uji coba, namun kita harus serius dalam menjalankannya," ujarnya Minggu (11/4/2021).

Bahkan TNI-Polri serta Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Kediri disiagakan untuk mengawasi uji coba pembukaan wisata ini.

Hore! Wisata Gunung Kelud Kembali Buka, Begini KondisinyaSuasana pembukaan kembali Gunung Kelud. Foto: Andhika Dwi/detikcom

Senada dengan Adi Suwignyo, Bupati Kediri Hanindhito Himawan juga membenarkan perihal pembukaan wisata ini demi pemulihan ekonomi, namun sesuai protokol kesehatan.

"Satuan tugas COVID-19 akan melaksanakan evaluasi terkait uji coba pembukaan wisata. Tidak hanya pada hari ini saja, namun secara berkelanjutan sampai beberapa hari ke depan akan dilaksanakan monitoring dan evaluasi," jelas Bupati Kediri Hanindhito Himawan.

Selain Gunung Kelud menurut Pemkab Kediri melakukan uji coba wisata di tempat lain. Sumber Podang memiliki potensi alam yang luar biasa. Pasokan air yang berlimpah dengan adanya Embung Joho dan sungai membuat wilayah tersebut subur dan hijau. Udaranya yang sejuk dengan banyak pepohonan membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.

"Petugas sudah menjalankan tugasnya dengan baik. Nantinya jika ada pengunjung yang terindikasi suhu tubuhnya tinggi akan ditempatkan di ruang isolasi dan petugas dari Dinas Kesehatan akan mengecek kondisinya," pungkas Dhito.

Sumber Podang cocok menjadi tempat melepas penat dari kebisingan kota. Tak hanya menjual ketenangan, kamu bisa menyusuri jalan menuju Embung Joho, berenang menikmati kesegaran air pegunungan, panorama taman bunga kelir dan river tubing, atau sekedar menyusuri sungai.

"Dengan dibukanya kembali wisata ini, kami bisa berjualan lagi. Silahkan kalau mau berkunjung ke sini," kata Legirah, salah satu pedagang di obyek wisata Sumber Podang

Menurutnya, selama wisata ditutup kondisi perekonomian pedagang benar-benar terpukul. Walaupun masih bisa berjualan dengan waktu terbatas, tetapi tak banyak pengunjung yang datang karena lokasi wisata belum dibuka.

"Saya sudah tiga tahun berdagang makanan dan minuman di sini. Selama pandemi benar-benar mati, pernah saya sehari hanya membawa pulang uang dua ribu rupiah," imbuh Legirah.

Meski masih tahap uji coba, pembukaan kembali Sumber Podang diharapkan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. Para pedagang berharap pengelola wisata bisa memperbaiki kerusakan fasilitas yang ada. Salah satunya mushola.

Keterbatasan tempat duduk yang aman bagi pengunjung juga menjadi kendala. Jika musim hujan, akan berbahaya bagi mereka jika duduk di sekitar sungai.

Harapan yang sama disampaikan Triani, pedagang kuliner di wisata air terjun Dolo Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Triani menyampaikan harapan besarnya jika wisata air terjun itu dibuka kembali. "Semalam sudah mulai masak untuk jualan hari ini," pungkas Triani.



Simak Video "Danau Kawah Gunung Kelud, Keindahan Alam Kediri"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA