Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Apr 2021 20:35 WIB

TRAVEL NEWS

KLHK Dorong Wisata Alam Virtual di Tengah Pandemi

Ilustrasi wisata virtual.
Foto: (dok KLHK)
Jakarta -

Berwisata di tengah pandemi sedikit banyak berbeda dengan sebelumnya, Terkait wisata alam, KemenLHK mendorong wisata virtual.

Untuk mengetahui perkembangan wisata virtual di Indonesia dalam rangka pemulihan objek wisata di tengah Pandemi COVID-19, sekaligus sebagai bentuk upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan kembali menyelenggarakan Diskusi Pojok Iklim pada Rabu (14/4) dengan mengangkat topik "Wisata Alam Virtual di Masa Pandemi".

Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim, KLHK, Sarwono Kusumaatmadja dalam sambutan pengantarnya menyampaikan, bahwa di masa pandemi COVID-19 kita berada pada suasana yang sangat dilematis.

Dalam artian harus membatasi kegiatan sehingga berdampak pada kemunduran ekonomi, termasuk di bidang wisata. Indonesia memiliki destinasi unggul kelas dunia dan teknologi informatika yang memberikan jalan keluar, yaitu berupa wisata virtual.

"Melalui wisata virtual kita dapat menyaksikan keindahan alam, keanekaragaman hayati, sehingga bisa membangkitkan afinitas merasa dekat dengan alam yang merupakan suatu sikap penting yang perlu ditumbuhkan untuk pembangunan berkelanjutan. Wisata virtual akan menjadi marketing tool atau pemicu peningkatan wisata di masa normal baru," tuturnya seperti dikutip detikTravel dari siaran persnya, Kamis (15/4/2021).

Dalam diskusi kali ini, turut memberikan pengantarnya Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi, Nandang Prihadi. Ia menyampaikan, bahwa akibat adanya pandemi COVID-19 wisata alam ke kawasan konservasi ditutup untuk meminimalisir penyebaran COVID-19.

Dampak penutupan wisata alam ini menyebabkan terhentinya operasional pelaku usaha wisata alam, hilangnya potensi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan berkurangnya perputaran ekonomi dari kegiatan wisata alam di kawasan konservasi.

Selanjutnya: Pandemi memberi dampak positif bagi alam

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "KLHK Sebut Lapan Tak Ada Wewenang Soal Data Luas Hutan Kalsel"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA