Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 19 Apr 2021 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

Musim Panas Ini, Kapal Pesiar Muncul Kembali di Venesia

Kapal Pesiar di Venesia
Kapal pesiar di Venesia (CNN)
Jakarta -

Pada awal April, pemerintah Italia melarang kapal pesiar masuk ke laguna Venesia. Namun sekarang, kebijakan tersebut berubah.

Melansir CNN Travel, sebuah kapal pesiar mewah, MSC Orchestra, menjadi kapal pesiar pertama yang berlayar ke laguna Venesia di musim panas ini. Berangkat pada 5 Juni, kapal MSC akan berlayar selama seminggu.

Dalam perjalanannya kapal pesiar akan berlayar di sekitar Laut Adriatik dan Mediterania, mengunjungi Italia, Kroasia dan Yunani. Wisatawan akan dibawa melewati pusat ikonik Venesia, lapangan Santo Markus dan menaiki Kanal Giudecca.

Kabar ini mungkin terkesan mengejutkan, sebab 15 hari lalu, tepatnya pada awal April, pemerintah Italia telah memutuskan bahwa kapal pesiar dilarang masuk ke laguna Venesia. Banyak pihak yang mengatakan bahwa kehadiran kapal-kapal besar di laguna akan merusak lingkungan.

Menurut Reuters, pemerintah mengatakan bahwa ingin melindungi warisan seni, budaya dan lingkungan Venesia dari aktivitas pelayaran dan lalu lintas barang.

Rencananya, pelabuhan baru yang potensial akan dibangun di luar laguna, Marghera, namun belum siap. Sehingga, solusi sementara untuk saat ini adalah tetap berlabuh di dalam laguna.

"Kami sangat menantikan tamu kami kembali mengunjungi Venesia dan berkontribusi untuk memulai kembali ekonomi lokal yang sangat beruntung pada pariwisata. Dan karena itu telah sangat menderita selama beberapa bulan terakhir sejak dimulainya pandemi," kata Juru Bicara MSC.

Perusahaan kapal pesiar akan menggunakan Venesia sebagai pangkalan untuk dua kapal saat musim panas, padahal pada tahun 2019 ada lima kapal yang tersedia untuk wisatawan. Meski begitu, bagi kritikus kapal pesiar, dua buah sudah lebih dari yang diharapkan.

Otoritas lokal maupun regional menyambut baik berita tersebut. Presiden wilayah Veneto, Luca Zala menyebutnya sebagai 'pertanda besar dari sebuah awal yang baru'.

Adapun wali kota Venesia, Luigi Brugnaro, menyebutnya sebagai kabar baik untuk kota dan industri pariwisata. Dia mengatakan bahwa kapal pesiar adalah simbol penting bagi Venesia.



Simak Video "Kapal Pesiar Mewah Terbakar Saat Berlabuh di Yunani"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA