Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 22 Apr 2021 10:34 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Alasan Pramugari Kepoin Penumpang dari Ujung Kepala Sampai Ujung Kaki

Femi Diah
detikTravel
Pramugari
Alasan pramugari menatap penumpang dari ujung kepala ke ujung kaki (Getty Images/iStockphoto/Svitlana Hulko)
Jakarta -

Pramugari Kat Kamalani membeberkan alasan rekan sesama pramugari mengamati penumpang dari ujung kepala hingga ujung kaki saat memasuki pesawat Kenapa, ya?

Pernahkah traveler merasa risih dikepoin pramugari saat memasuki pesawat? Rupanya ada alasan khusus sampai-sampai pramugari melakukannya.

Dikutip dari Mirror, Kamalani, pramugari asal Aerika Serikat (AS), membagikan rahasia itu lewat TikTok.

"Apakah saat kalian memasuki pesawat, kalian melihat pramugari berdiri di pintu, menyalamimu, atau pramugari yang berjalan bolak-balik di lorong?" begitulah kalimat pembukanya.

"Well, saya akan mengatakan apa yang sebenarnya kami lakukan," dia menambahkan.

"Saat kami berjalan di lorong pesawat dan kalian melihat kami menunjukkan wajah gembira, tersenyum, sebenarnya kami melihat kalian dari atas sampai bawah, kami mencoba untuk menemukan ABP atau able bodied people atau person (orang) atau passenger (penumpang)," ujar Kamalani.

ABP itu merupakan penumpang yang sehat dan bugar secara fisik. ABP diperlukan andai terjadi situasi darurat dan dibutuhkan suatu evakuasi. Mereka bisa bekerja berdampingan dengan atau menggantikan pramugari.

"Sosok itu bisa dari anggota militer, pemadam kebakaran, perawat, atau dokter. So, ketika muncul situasi darurat, seperti darurat medis, atau harus mendarat darurat, atau ada alasan keamanan, kami tahu siapa saja yang ada di dalam pesawat dan kami tahu harus meminta tolong kepada siapa," dia menjelaskan.

Selain itu, pramugari juga mencoba mencari tahu potensi pelanggaran hukum saat menatap penumpang.

"Kami mencari apa yang tidak diizinkan dibawa ke pesawat, seperti botol minuman yang masih penuh air. Juga perdagangan manusia. Keselamatan penumpang menjadi prioritas nomor satu. So, kami harus mengamati hal-hal yang tidak sesuai aturan," dia menjelaskan.

Video itu menjadi viral. Hingga saat ini video itu ditonton sekitar 969 ribu dan mendapatkan tanda suka 194 ribu. Unggahan itu juga dibanjiri komentar, baik yang mengucapkan terima kasih atas informasi itu atau mereka yang berbagi pengalaman.

Ada pula netizen yang berkomentar belum bisa mengerti bagaimana pramugari bisa mendeteksi seseorang dengan hanya menatap dalam satu kali perjumpaan.

"Kamalani sih bilang, dia tidak semata-mata menatap penumpang, namun kadang kala juga mendapatkan informasi dari penumpang.

"Beberapa bilang, 'Saya dokter dan duduk di kursi 34A kalau-kalau ada yang membutuhkan'. Dan itu sangat saya apresiasi," dia menambahkan.

Ada pula netizen yang menanggapi dengan cara kocak. Dia menganggap tatapan pramugari adalah ejekan terhadap pakaian yang dikenakannya.

"Saya pikir saat pramugari menatap saya dari atas ke bawah dia tidak mengizinkan saya memakai kaus atasan yang nyaman ini saat naik pesawat."



Simak Video "2 Penumpang 'Duel' di Pesawat Gegara Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA