Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Apr 2021 10:09 WIB

TRAVEL NEWS

Pokoknya, Enggak Lagi-lagi Deh Charger HP di Bandara

Bonauli
detikTravel
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi bandara (iStock)
Los Angeles -

Liburan kini tak bisa lepas dari berbagai gadget, termasuk smartphone. Tempat pengisian daya ponsel sendiri sudah semakin mudah ditemukan di tempat umum.

Namun ternyata, usahakan untuk mengisi penuh daya ponselmu sebelum berangkat liburan. Dilansir dari Travel And Leisure, Jumat (23/4/2021) traveler bisa kena tipu.

Penipuan yang dimaksud adalah peretasan atau pembajakan lewat pengisi daya USB publik. Tempat-tempatnya sendiri mulai dari bandara sampai restoran.

"Penjahat memuat malware (virus-red) ke stasiun pengisian daya atau kabel yang mereka biarkan terpasang di stasiun sehingga mereka dapat menginfeksi ponsel dan perangkat elektronik lainnya tanpa membuat pengguna lain curiga," ujar Kantor Kejaksaan Distrik LA.

Malware ini dapat mengunci perangkat atau mengekspor data dan sandi di smartphone korban. Kemudian data tersebut akan langsung diterima oleh penipu. Tak hanya bandara atau restoran. Wisatawan juga telah diperingatkan agar tidak meminjam pengisi daya telepon dari resepsionis hotel.

Hal ini diketahui karena kualitas pengisi daya tersebut tak bisa dipastikan. Bisa-bisa smartphonemu rusak karena pengisi daya tersebut.

"Pengisi daya yang lebih murah tidak selalu memiliki standar pengisian dengan voltase yang benar," ujar Brad Nichols, teknisi perbaikan untuk Staymobile.

Pengisian paling baik adalah dengan kabel milik sendiri dan di area private. Misalnya kamar hotel atau menggunakan power bank. "Fluktuasi tegangan dapat merusak port pengisi daya, bahkan merusak baterai Anda," lanjutnya.

Tak sedikit wisatawan yang mengeluh kalau gadgetnya selalu rusak setelah diisi daya atau malah meledak. Jadi sebelum liburan, pastikan untuk berhati-hati, ya!



Simak Video "Hotel Terjangkau dan Instagramable, ibis Styles Bandung Grand Central"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
DMentor
×
dMentor Setop Investasi Bitcoin Cs
d'Mentor Setop Investasi Bitcoin Cs Selengkapnya