Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Apr 2021 12:08 WIB

TRAVEL NEWS

Akhirnya, Publik Bisa Lihat Gaun Pernikahan Cantik Milik Putri Diana

Putu Intan
detikTravel
An official family photo taken on 29 July 1981, the wedding day of Prince Charles (C-R) and Lady Diana (C-L), the Princess of Wales.  
Back Row, from L - R:  Mark Phillips, Prince Andrew, Viscount Linley, the Duke of Edinburgh, Prince Edward, the Princely Couple, Ruth, Lady Fermoy (the brides grandmother), Lady Jane Fellowes (the brides sister), Viscount Althorp (Dianas brother) and Robert Fellowes. Center row, from L - R: Princess Anne, Princess Margaret, the Queen Mother, Queen Elizabeth II, India Hicks, Lady Sarah Armstrong-Jones, Mrs. Shand Kydd (Dianas mother) Count Spencer, Lady Sarah McCorquedale (Dianas sister), Neil McCorquedale. Front row: ushers and bridesmaids. AFP PHOTO POOL / AFP PHOTO / POOL / -
Pernikahan Pangeran Charles dan Putri Diana. Foto: Dok. STR / AFP, Instagram
London -

Untuk pertama kalinya dalam 7 tahun, gaun pernikahan Putri Diana bakal dipamerkan di hadapan publik. Ini dilakukan atas inisiatif Pangeran William dan Pangeran Harry.

Traveler tentu ingat dengan prosesi pernikahan antara Pangeran Charles dan Putri Diana pada tahun 1981. Kala itu, dunia dibuat terpukau dengan keserasian keduanya. Tak hanya itu, gaun yang dikenakan mempelai wanita juga jadi sorotan lantaran terkesan sederhana namun tetap cantik.

Gaun pernikahan Putri Diana ini didesain oleh David dan Elizabeth Emanuel. Gaun tersebut terbuat dari taffeta gading dan dirancang dengan bodi pas, lengan puff besar, dan disematkan lebih dari 10.000 mutiara.

Selain itu, keluarga Emanuel juga membuat kereta pengantin sepanjang 25 kaki untuk Diana. Kereta ini bahkan menjadi yang terpanjang dalam sejarah Kerajaan Inggris.

Nah, gaun dan kereta tersebut saat ini menjadi milik Pangeran William dan Pangeran Harry. Mereka kemudian meminjamkan kedua barang itu ke Historic Royal Palaces untuk dipajang dalam pameran Royal Style in Making di Kensington Palace.

Dilansir dari Insider, pameran ini akan berlangsung mulai 3 Juni 2021 hingga Januari 2022. Selain bakal memajang gaun pernikahan Putri Diana, nantinya juga akan diceritakan seputar hubungan perancang busana dengan keluarga Kerajaan Inggris.

Sesuai tradisi Kerajaan Inggris, Putri Diana dan Pangeran Charles menikmati prosesi naik kereta dari tempat upacara pernikahan ke Istana Buckingham. (Foto: Istimewa)Sesuai tradisi Kerajaan Inggris, Putri Diana dan Pangeran Charles menikmati prosesi naik kereta dari tempat upacara pernikahan ke Istana Buckingham. (Foto: Istimewa) Foto: instagram

Sebelum dipamerkan tahun ini, gaun pernikahan Putri Diana pernah muncul di Kensington Palace pada tahun 1995. Setelah itu gaun ini dipajang di rumah masa kecil Diana, Althrop, antara 1998-2014. Gaun ini juga menjadi bagian dari beberapa pameran keliling.

Usai Diana meninggal, gaun pernikahan ini pertama kali jatuh ke asuhan saudara laki-laki Diana yakni Charles Spencer. Spencer kemudian memberikan gaun tersebut kepada anak-anak Diana pada tahun 2014 sesuai ketentuan dalam surat wasiat Diana.

Sementara itu, sang perancang, Elizabeth Emanuel mengaku sangat senang dapat melihat gaun itu lagi. Ia sendiri terakhir melihat gaun ciptaannya di Althorp pada Juli 1998.

"Ini seperti akan melihat seorang teman lama setelah bertahun-tahun. Saya melihat gambaran itu lagi, dan saya tidak percaya berapa banyak payet yang kami jahit ke gaun itu. Ini akan menjadi pameran yang luar biasa," katanya.

Emanuel menceritakan bahwa Diana sempat memuji gaun pernikahan buatannya. Ia pun berterima kasih atas usaha Emanuel membuat gaun tersebut.

"Diana berkata: saya hanya ingin mengucapkan terima kasih banyak untuk gaun itu. Saya menyukainya. Pangeran Charles menyukainya. Semua keluarga menyukainya," tutur Emanuel.



Simak Video "Tipu Daya Wawancara BBC terhadap Putri Diana Bikin PM Inggris Prihatin"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA