Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 02 Mei 2021 07:31 WIB

TRAVEL NEWS

Tol Bocimi dan Gerbang Pariwisata Sukabumi

Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I telah diresmikan pada Sabtu (1/12/2018) lalu. Tol sepanjang 15,35 kilometer itu digratiskan selama seminggu.
Ilustrasi (Muhammad Abdurrosyid/detikcom)
Sukabumi -

Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi) yang saat ini telah mencapai seksi 2 terus dikebut pengerjaannya. Nantinya akan jadi gerbang wisata ke Sukabumi.

Seperti diketahui, saat ini pengerjaan Tol Bocimi masih terus dikebut. Dikutip detikTravel dari situs resmi KemenPUPR, Sabtu (1/5/2021), progres saat ini disebut telah mencapai 76,50 persen seperti diberitakan akhir Februari lalu.

Apabila rampung, nantinya Tol Bocimi dapat diakses hingga pintu keluar Cibadak, Sukabumi. Seksi dua Tol Bocimi ditargetkan rampung pada bulan Agustus 2021.

Bukit Algoritma belum dibahas Pemkab SukabumiBupati Sukabumi, Marwan Hamami (Syahdan Alamsyah/detikcom)

Dari sisi Sukabumi, Bupati Marwan Hamami menjadi salah satu yang paling antusias menanti rampungnya tol itu. Alasannya, tol itu akan memangkas jarak menuju Sukabumi bagian Selatan.

"Dengan adanya jalan tol seksi 2 ini, Sukabumi tak sulit masuk investasi karena kemudahan akses," ujarnya saat ditemui tim detikcom di pendopo kabupaten Sukabumi, Senin (26/4/2021).

Investasi yang Marwan sebut meliputi Bukit Algoritma hingga MNC Lido City dan lainnya. Destinasi wisata Sukabumi juga akan lebih mudah dicapai lewat Tol Bocimi nantinya.

"Yang terakhir kita seksi 2 kalau sampai selesai masih perlu waktu. Re-check Februari, tapi mundur di Agustus seksi 2 Parung Kuda. Dari situ saja Sukabumi sudah bisa membuka ruang pendataan untuk industri termasuk KEK Pelabuhan Ratu," ucapnya.

Selain Pelabuhan Ratu, Geopark Ciletuh juga tengah menjadi andalan wisata baru Pemkab Sukabumi. Geopark yang berstatus warisan UNESCO itu memang sedang naik daun di kalangan traveler.

"Ini penataan geopark bisa memutar dampak setelah penataan tol seksi 2 dan orang Jakarta punya pilihan masuk Sukabumi. Di Pelabuhan Ratu bisa milih laut atau gunung," kata dia.

Kondisi terakhir, wisatawan yang bepergian naik Tol Bocimi dapat menempuh perjalanan hingga exit di Tol Cigombong. Sisanya, traveler yang mau berwisata dapat menggunakan jalur biasa untuk menjelajahi Sukabumi.



Simak Video "Cegah Kebakaran, Petugas Lapas Nyomplong Sukabumi Cek Kelistrikan Hunian"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA