Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Mei 2021 15:01 WIB

TRAVEL NEWS

Bobby Nasution: Ada 11% Pemudik Berpotensi Lolos Larangan Mudik

Syanti Mustika
detikTravel
Bobby Nasution (kanan)-Gubsu Edy (kiri)/ Ahmad Arfah-detikcom
Foto: Bobby Nasution (kanan)-Gubsu Edy (kiri)/ Ahmad Arfah-detikcom
Jakarta -

Dalam Pulang Kampung Digital, Wali Kota Medan Bobby Nasution mempersiapkan Medan untuk mengawasi pergerakan masyarakat saat ada larangan mudik.

Bobby mengatakan bahwa dia bersama jajarannya telah menyiapkan posko-posko pemantauan di daerahnya. Dia memiliki data adanya kemungkinan nanti pemudik yang akan lolos dari pemantauan.

"Antara kota Medan, Binjai, Deli Serdang dan Tanah Karo boleh melakukan mudik tapi di luar itu tidak boleh dilakukan mudik termasuk dari Jakarta. Kita pemerintah kota Medan menyiapkan dan kita tentu sudah melarang. Namun dari hasil survei (Kemenhub) ada potensi 11% yang kemungkinan bisa lolos. Karena itu pemerintah daerah mempersiapkan hal itu bila terjadi," ungkap Bobby pada Pulang Kampung Digital, yang disiarkan secara langsung di detikcom, Rabu (5/5/2021).

Untuk langkah lebih, Bobby akan menerapkan karantina lingkungan, karena di Medan tidak ada sistem RT maupun RW. Solusinya adalah dengan karantina lingkungan di level kelurahan.

"Kita Medan punya 21 kecamatan dan kita tidak punya RT RW tapi kita punya 2001 lingkungan. Jadi kita masifkan sampai tingkat kelurahan bagaimana pencegahan dan karantina sampai ke tahap lingkungan ini," ujarnya.

"Di Medan kita sudah punya di tiap kelurahan ada posko pengawasan. Nah dengan adanya posko-posko ini mempermudah untuk pengawasan karena kita tidak punya RT RW. Untuk lingkungan itu cakupannya lebih luas daripada RW, akan nanti kita akan meletakkan di dekat posko-posko tersebut untuk karantina," ungkap Bobby.

Kapasitas Tempat Wisata di Medan Dibatasi

Terkait tempat wisata saat libur Lebaran nanti, Pemerintah Medan akan membatasi kapasitas pengunjung hanya 50 persen saja. Serta mereka akan mempersiapkan tempat-tempat yang berpotensi wisata yang bisa dikunjungi di Medan.

"Untuk tempat wisata di Medan nantinya akan dibatasi dengan kapasitas 50%. untuk Medan potensi wisata datangnya dari Deli Serdang, jadi kami pemerintah kota Medan dan Deli Serdang sudah melakukan pembatasan untuk masalah tempat wisata. Namun khusus di Medan kan wisata alamnya tidak ada sebenarnya, tapi tempat potensi pariwisata tetap kita jaga seperti daerah Kesawan City Walk yang telah kita ubah menjelang Lebaran. Takutnya potensi dari wisata Deli Serdang bisa masuk ke Medan jadi untuk daerah Kesawan sementara kita tutup dulu sampai setelah Lebaran nanti,"papar Bobby.

Dalam kesempatan ini Bobby juga menyampaikan pesan kepada traveler yang ingin mudik ke Medan, untuk menahan diri dulu.

"Teruntuk teman-teman yang ingin balik ke Medan tahun ini, namun belum bisa, ini semua dilakukan pemerintah untuk kebaikan. Kita pulang kampung itu sudah menjadi tradisi namun jangan hingga mengorbankan keselamatan dan kesehatan yang sebenarnya lebih penting daripada tradisi pulang. Yang penting intinya kita saling memaafkan, saling silaturahmi yang sekarang silaturahmi bisa dilakukan secara digital. Terima kasih detikcom yang memperkenalkan silaturahmi secara lebih luas lagi," tutup Bobby.



Simak Video "Ada Aduan Pungli Jutaan di Kelurahan, Bobby Langsung Sidak"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA