Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 18 Mei 2021 18:52 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! Bocah 10 Tahun Asal Cimahi Taklukkan 10 Gunung di Indonesia

Whisnu Pradana
detikTravel
Keren! Bocah 10 Tahun Asal Cimahi Jajal 10 Gunung di Indonesia
Foto: (Devania Syahla Almira/instagram)
Cimahi -

Hobi mendaki gunung, nyatanya tak hanya menjadi kesukaan orang-orang yang sudah beranjak remaja hingga dewasa. Alasannya tentu karena perjalanan yang melelahkan dan risiko berbahaya yang menyertainya.

Namun tak demikian bagi Devania Syahla Almira. Bocah kelahiran Cimahi 6 April 2010 itu mematahkan stigma jika anak kecil tak cocok menjajal olahraga ekstrem seperti mendaki gunung.

Gadis yang akrab disapa Caca itu punya sederet prestasi mentereng di usianya yang baru 10 tahun. Bocah yang kini duduk di bangku kelas 4 sekolah dasar itu sudah menaklukan sepuluh puncak gunung di Indonesia.

Anak tunggal pasangan Asep Rustana dan Nuni Fitria itu mulai mendaki gunung di usianya yang masih sangat belia, yakni 5 tahun. Ketika anak-anak lain sedang manja-manjanya Caca justru sudah mampu memikul beban berat di pundaknya sendiri menapaki jalur terjal Gunung Ciremai 2014 lalu.

"Awalnya Caca itu mendaki Gunung Ciremai. Sebetulnya enggak sengaja diajak juga, karena waktu itu saya dengan ayahnya mau mendaki, tapi Caca kan tidak ada yang jaga. Waktu itu ternyata dia ingin ikut juga. Dari situlah awalnya Caca mulai mendaki," ungkap Nuni saat dihubungi detikcom, Selasa (18/5/2021).

Perasaan khawatir dan takut terjadi hal yang tidak diinginkan tentu dirasakan Nuni dan Asep. Namun hal itu mereka kesampingkan melihat kesungguhan anak semata wayangnya itu yang sangat antusias menanti momen bersejarah bagi dirinya.

"Ya tentu khawatir, waktu itu kan umurnya baru 5 tahun. Kita orangtuanya juga bingung takutnya di tengah jalan ingin balik lagi. Cuma kita kan rombongan, jadi banyak yang ngasuhnya juga. Alhamdulillah lancar," ceritanya.

Keren! Bocah 10 Tahun Asal Cimahi Jajal 10 Gunung di IndonesiaKeren! Bocah 10 Tahun Asal Cimahi Jajal 10 Gunung di Indonesia Foto: (Devania Syahla Almira/detikcom)

Mengenakan pakaian pendakian dengan lengkap Caca percaya diri menjejakkan kakinya di jalur pendakian Gunung Ciremai. Pertama kali mendaki gunung hambatan memang sempat menghampiri Caca terutama masalah kebugaran.

Namun lelah, panas, dan keluhan lainnya tak menyurutkan niat Caca untuk mendaki. Malah sebaliknya Caca semakin terpacu untuk mencapai puncak gunung.

"Ya wajar namanya anak kecil, kalau memang dia lelah kita langsung istirahat. Apalagi ke Gunung Ciremai kan pertama kali buat dia mendaki, tapi waktu sampai puncak dia lihat awan nah di situ baru dia sangat termotivasi mendaki ke gunung lainnya," bebernya.

Selepas pendakian ke Gunung Ciremai, tercatat ada sembilan gunung lainnya yang sudah dijajal Caca seperti Gunung Guntur, Gunung Lawu, Gunung Gede, Gunung Burangrang, Gunung Putri, Gunung Cikuray, Gunung Merapi, dan Gunung Rinjani.

"Terakhir pendakian itu ke Gunung Sindoro bulan Agustus tahun 2019 kemarin. Setelah itu belum mendaki lagi soalnya kan tahun 2020 langsung pandemi COVID-19. Mudah-mudahan setelah pandemi ini bisa mendaki lagi," pungkasnya.



Simak Video "Macan di TNGC Turun ke Kebun, Imbas Ledakan 'Mother of Satan'?"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA