Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Mei 2021 13:15 WIB

TRAVEL NEWS

Mulai Besok, Tempat Wisata Bandung Ditutup Sementara

Siti Fatimah
detikTravel
Dibangun pada 27 Juli 1920, Gedung Sate kini berusia 100 tahun. Bangunan bersejarah ini dibangun dengan arsitektur yang terinspirasi dari zaman Renaissance.
Gedung Sate (ANTARA FOTO/NOVRIAN ARBI)
Bandung -

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memutuskan akan menutup sementara sejumlah tempat wisata di Kota Bandung.

Penutupan objek wisata berlaku mulai 22 Mei sampai dengan 1 Juni 2021. Keputusan tersebut berdasarkan Surat Pemberitahuan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Bandung bernomor PB.01.01/967-Sekre.DiskarPB yang ditujukan bagi para pengelola obyek wisata dan diteken Ketua Harian Satgas COVID-19 Ema Sumarna pada 21 Mei 2021.

"Bersama ini disampaikan agar para pengelola obyek wisata untuk menutup sementara operasional mulai dari tanggal 23 Mei sampai 1 Juni 2021 dan selanjutnya akan menjadi bahan evaluasi perkembangan penanganan virus COVID-19 di Kota Bandung," isi surat pemberitahuan yang diterima detikcom, Sabtu (22/5/2021).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kaniasari mengatakan, penutupan sementara tempat wisata dilakukan dalam rangka mengantisipasi kerumunan yang berpotensi pada penyebaran COVID-19. Terlebih, kata dia, pada 26 Mei dan 1 Juni 2021 terdapat hari libur nasional.

"Jadi mungkin ada beberapa yang sudah menerima surat mengenai penutupan sementara, dalam rangka kita mengantisipasi ada libur 26 Mei dan 1 Juni, ini ada harpit (hari kejepit). Jangan sampai penyebaran COVID-19 tidak terkendali, supaya tidak menambah kasus," kata Kenny, sapaan akrab Dewi Kaniasari.

Dia mengatakan, setidaknya ada enam tempat wisata yang ditutup. Menurutnya, keenam tempat wisata tersebut menjadi favorit wisatawan saat mengisi hari libur.

"Ada enam titik, memang favorit sekali oleh wisatawan dan kecenderungan kerumunannya kita coba antisipasi. Dan alhamdulillah keenam pengelola cukup mengerti, dengan adanya pengertian dari pengusaha dan pengelola dalam hal ini tempat wisata sangat kami apresiasi," tuturnya.

Sementara itu, keenam tempat wisata di Kota Bandung yang ditutup sementara diantaranya Kebun Binatang Bandung, Karang Setra Waterland, Saung Angklung Udjo, Taman Lalu Lintas, Trans Studio Bandung, dan Kiara Artha Park.

Terakhir, Kenny berharap masyarakat dapat memahami kebijakan tersebut. Dia mengatakan, pengendalian kasus COVID-19 merupakan tugas bersama bukan hanya pemerintah.

"Begini ya (pengendalian COVID-19) tugas bersama bukan pemerintah saja. Jumlah kunjungan sebetulnya sudah dibatasi maksimal 50 persen. Namun kita antisipasi apabila pengunjungnya ini membludak jangan sampai kita kecolongan," imbuhnya.

"Daripada seperti itu, kita tutup sementara. Ini untuk keamanan semua. Kota Bandung ini jangan sampai meningkat angka positifnya," tandas Kenny.



Simak Video "3 Mobil Tertimpa Pohon Tumbang di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA