Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Mei 2021 15:04 WIB

TRAVEL NEWS

Mbak-mbak Digetok Harga Mahal Warung Lesehan di Yogya, Netizen Ikut Curhat

Femi Diah
detikTravel
Kawasan Malioboro Yogyakarta disemprot disinfektan. Hal itu dilakukan guna cegah Corona karena kawasan tersebut kerap dikunjungi wisatawan saat libur panjang.
Kawasan Malioboro Yogyakarta Foto: Agus Septiawan/Detikcom
Yogyakarta -

Seorang perempuan mengungkapkan kekesalannya setelah membayar makanan di kawasan kuliner Yogyakarta yang dinilainya terlalu mahal. Warganet turut mencurahkan pengalamannya.

Dia mengungkapkan curhatan itu lewat TikTok dan dibagikan di platform media sosial lain, Twitter. Dia kesal setelah harus membayar lalapan seharga Rp 10 ribu setelah pecel lele dan nasi dibanderol Rp 27 ribu.

Perempuan itu tidak menyebut secara rinci lokasi tempat dia makan. Dia cuma menyebut makan di deretan warung di Yogyakarta.

Tapi, warganet menduga lokasi makan si mbak-mbak itu berada di Malioboro.

Sementara itu, Paguyuban Pedagang Lesehan Malioboro (PPLM) bersikukuh tidak ada lagi harga makanan yang nuthuk (memasang harga seenaknya) di Malioboro. PPLM telah menetapkan plafon harga dan pelanggar bisa kehilangan hak berdagang di kawasan wisata itu.

Warganet lain pro dan kontra merespons curhatan itu. Sebagian memiliki pengalaman kuliner di Yogyakarta yang serupa, digetok harga mahal, sebagian lain mengkritik mbak-mbak tersebut.

Tidak sedikit pula warganet yang membagikan rekomendasi tempat makan murah di Yogyakarta. Sebagian warganet lain juga memberikan tips agar pelancong tidak terjebak harga nnuthuk di kawasan wisata.

@dhedhed***: Bener banget ini mah. Suka herannnn. Mana yang katanya Jogja murah. Aku belum nemu

@gerhana***: Kalo mau nemu makanan murah di Jogja jangan ke tempat wisata mbak, cari yang jauh dari tempat wisata, saya pernah nginep di homestay sana, namanya Omahkoe, disebelahnya ada warung nasi padang, nasi ayam bakar harganya 7rb

@ard1***: Ya memang salah tempat dan kalian baru beberapa kali ke Jogja, maklum juga namanya juga wisatawan yakan.

Beda lagi kalo kalian perantau atau punya temen yg tinggal di Jogja pasti nemu tuh tempat makan murah kayak yg dibicarakan selama ini.

@bukanb**: Seharusnya sih membiasakan tanya dulu harga makanannya berapa,karena jarang kaki 5 ada tulisan harga nya
Itulah yang sering terjadi suka terjebak harga "MAHAL"

@kangl***: Wisata jogja itu banyak, jgn fokus malioboro doang dong. Klo mau sekedar pecel lele, coba deh yg di luar kawasan. Plg 12rb buat lele, 14rb dpt ayam, 20rb dpt bebek. Udh lengkap nasi, sambel, sepotong timun ama es teh. Jgn bandingin "americano" sama "kopi item"



Simak Video "Gudeg Yogya, Kuliner Fermetasi Yang Kaya Rasa dan Penuh Sejarah Panjang "
[Gambas:Video 20detik]
(fem/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA