Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 11 Jun 2021 20:45 WIB

TRAVEL NEWS

Thiland Tahu Diri, Enggak Muluk-Muluk Patok Jumlah Turis

bonauli
detikTravel
Bangkok, Thailand at the Temple of the Emerald Buddha and Grand Palace.
Ilustrasi Thailand (Getty Images/iStockphoto/SeanPavonePhoto)
Bangkok -

Thailand tidak mau berjudi dalam mematok target jumlah turis asing tahun ini. Negeri gajah Putih memasang angka lebih rendah ketimbang tahun lalu.

Dilansir dari Channel News Asia, Badan Pariwisata Thailand hanya mengharapkan 3 juta kedatangan turis asing di tahun ini. Itu terkait dengan pembukaan kembali turis secara bertahap.

Target ini lebih rendah dari 4 juta wisatawan yang diproyeksikan oleh Tourism Authority of Thailand (TAT) saat pandemi muncul. Kini Thailand akan meluncurkan kampanye vaksinasi massal pada Senin lalu.

Ini serupa tren wisata vaksin yang mengajak turis untuk melakukan vaksin di Phuket. Sehingga turis tak perlu melakukan karantina bulan depan dalam skema percontohan sebelum membuka kembali sembilan provinsi lain pada bulan Oktober mendatang.

Sebagian besar dari 3 juta kedatangan diharapkan pada kuartal terakhir dengan pengeluaran diperkirakan antara 240 miliar baht hingga 300 miliar baht. Ini dikatakan langsung oleh Siripakorn Cheawsamoot, wakil gubernut TAT.

"Thailand biasanya menarik 3 juta hingga 4 juta turis asing per bulan pada kuartal keempat dan kami hanya ingin sepertiga dari itu," ujarnya.

Sekitar 129.000 wisatawan diharapkan datang pada kuartal ketiga. Karena Thailand hanya memiliki 28.701 kedatangan dari Januari hingga April.

Sementara itu untuk 2022 TAT mengharapkan 20 juta kedatangan asing dengan yang menghasilkan 1,3 triliun baht. Ini cukup jauh dibandingkan dengan tahun 2019 yang mendapatkan 40 juta turis yang menghasilkan 1,91 triliun baht.

Phuket berencana membuka gerbang untuk wisatawan asing yang sudah divaksinasi mulai Juli 2021. Pemerintah Thailand menyiapkan hotel murah banget, USD 1 atau Rp 14 ribuan!

Kamar-kamar yang ditawarkan untuk wisatawan itu biasanya dibanderol mulai dari 1.000 hingga 3.000 baht atau setara dengan Rp 457.709 hingga Rp 1,37 juta per malam. Lumayan banget kan potongan harganya.

Jika program ini terbukti sukses di Phuket, bukan tidak mungkin kampanye serupa dibuat di destinasi populer lainnya di seluruh Thailand. Di antaranya, di Koh Samui dan Bangkok.



Simak Video "Thailand Siap Sambut Wisatawan Asing dan Tak Perlu Karantina"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA