Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 12 Jun 2021 18:05 WIB

TRAVEL NEWS

Pesta Kesenian Bali Diharapkan Jadi Kebangkitan Pariwisata Bali

Sui Suadnyana
detikTravel
Perajin menyelesaikan pembuatan kain tenun saat pameran Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rangkaian kegiatan Pesta Kesenian Bali ke-43 di Taman Budaya Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (12/6/2021). Pameran IKM yang diikuti puluhan pelaku IKM dari berbagai daerah di Bali tersebut diselenggarakan untuk membantu perekonomian pelaku IKM yang terdampak pandemi COVID-19 dan mempromosikan berbagai produk unggulan khas Bali seperti kain tenun, perak, anyaman serta olahan pangan. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Pesta Kesenian Bali 2021. Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF
Denpasar -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali menyelenggarakan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun ini. PKB ini diselenggarakan setelah tahun sebelumnya ditiadakan akibat pandemi COVID-19.

Pelaksanaan PKB ke-43 ini pun diharapkan jadi momentum kebangkitan pariwisata dan kesenian di Pulau Dewata. Mengingat Bali sudah setahun lebih mengalami kontraksi ekonomi.

"Semoga dengan Pesta Kesenian Bali ke-43 ini awal kebangkitan dan kepulihan pariwisata dan kesenian; budaya dan ekonomi Bali di tengah persiapan pasca pandemi," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Taman Budaya Provinsi Bali, Sabtu (12/6/2021).

Perajin menyelesaikan pembuatan kain tenun saat pameran Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rangkaian kegiatan Pesta Kesenian Bali ke-43 di Taman Budaya Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (12/6/2021). Pameran IKM yang diikuti puluhan pelaku IKM dari berbagai daerah di Bali tersebut diselenggarakan untuk membantu perekonomian pelaku IKM yang terdampak pandemi COVID-19 dan mempromosikan berbagai produk unggulan khas Bali seperti kain tenun, perak, anyaman serta olahan pangan. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.Perajin menyelesaikan pembuatan kain tenun saat pameran Industri Kecil Menengah (IKM) dalam rangkaian kegiatan Pesta Kesenian Bali ke-43 di Taman Budaya Bali, Denpasar, Bali, Sabtu (12/6/2021). Pameran IKM yang diikuti puluhan pelaku IKM dari berbagai daerah di Bali tersebut diselenggarakan untuk membantu perekonomian pelaku IKM yang terdampak pandemi COVID-19 dan mempromosikan berbagai produk unggulan khas Bali seperti kain tenun, perak, anyaman serta olahan pangan. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa. Foto: ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF

Sandiaga pun memberikan apresiasi kepada seniman dan budayawan yang terus berkarya walaupun dalam tekanan ekonomi dan pandemi. Meski demikian ia mengingatkan agar tetap berhati-hati karena karena masih dalam situasi pandemi.

Sandiaga mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sudah berkeinginan Bali agar segera bangkit. Hal itu dapat diraih bila penerapan prioritas pengendalian pandemi.

"Seniman juga mendapatkan apresiasi dari Bapak Presiden, (sebab) masih berkarya di tengah himpitan ekonomi dan Bapak Presiden tadi memberikan semangat, motivasi untuk para budayawan dan seniman secara khusus," kata Sandiaga.

Senada dengan itu, Gubernur Bali Wayan Koster juga berharap agar PKB bisa menjadi momentum pulihnya pariwisata di Pulau Dewata.

"Mudah-mudahan acara pembukaan pesta kesenian Bali yang dimulai hari ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan sukses serta lebih lanjut akan menjadi momentum pulihnya pariwisata Bali yang sudah satu tahun lebih mengalami kesulitan akibat pandemi COVID-19," kata Koster.



Simak Video "Jokowi Ingin Tunjukkan Pada Dunia Bahwa Bali Aman DIkunjungi"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA