Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Jun 2021 18:06 WIB

TRAVEL NEWS

Naik Gunung Jangan Asal, Ketahui Dulu Protokolnya di Kondisi Pandemi

Semeru di Jatim
Foto: (dian-koernia/d'Traveler)

Saat tiba di destinasi pendakian

1. Saat tiba di destinasi pendakian dan keluar dari kendaraan, pastikan masker tetap digunakan, menjaga jarak atau physical distancing dan tidak berkerumun dengan kelompok pendaki lain.

2.Memarkirkan kendaraan sesuai dengan petunjuk dan aturan yang telah ditetapkan oleh pengelola.

3. Mematuhi dan melaksanakan SOP Pendakian yang berlaku di destinasi Pendakian Gunung sesuai SNI 8748:2019 tentang Pengelolaan Pendakian Gunung dan SOP Pencegahan Penyebaran COVID-19: menggunakan masker, cuci tangan dengan air dan sabun atau hands sanitizer, jaga jarak atau physical distancing.

4. Mempersiapkan dan melakukan pembayaran atau transaksi dengan cara non tunai (jika memungkinkan) serta menyerahkan administrasi dan dokumen yang dibutuhkan untuk pendakian.

5. Melaporkan kelengkapan peralatan dan perbekalan untuk pendakian (pribadi dan kelompok) kepada pengelola.

6. Mengisi Form Screening Risk Mapping Aktivitas Pendakian Gunung dengan benar dan jujur serta menyerahkannya kembali kepada petugas pengelola.

7. Mencatat nomor darurat yang diperlukan.

8. Jika menggunakan jasa Tour Operator atau Trekking Organizer, poin 2 sampai dengan 7 dapat di-handle dan dipertanggungjawabkan oleh Tour Operator dan pemandu.

9. Jika menggunakan fasilitas publik atau umum (Mushala, toilet, rest area, bangku, meja bangunan shelter dan lainnya) di areal pintu masuk, loket, pos registrasi dan lainnya, pastikan tetap menerapkan SOP Pencegahan Penyebaran COVID-19: menggunakan masker, cuci tangan dengan air dan sabun atauhands sanitizer, jaga jarak atau physical distancing. Saat menggunakan toilet, pastikan kebersihannya sebelum dan setelah menggunakannya. Selain menggunakan air mengalir dan sabun, gunakan juga hands sanitizer setelahnya.

10. Membuang sampah pada tempat yang disediakan oleh pengelola dengan benar. Pisahkan sampah APD: seperti masker, sarung tangan plastik dan lainnya pada tempat sampah terpisah.

11. Melaporkan dan menginformasikan kepada pengelola atau pemandu, jika mengalami gangguan kesehatan (demam, flu, batuk, sesak nafas dan lainnya).
Memastikan kembali peralatan, perlengkapan dan perbekalan pribadi dibawa sendiri.

12. Mencari tahu informasi dari pengelola mengenai kondisi jalur yang akan dilalui. Seperti: shelter, sumber air, areal camp atau berkemah, MCK, daerah berbahaya dan beresiko, tempat perlintasan satwa dan lain-lain.
Mengetahui apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama pendakian.
Tetap lakukan kegiatan dengan aman. Jangan melakukan aktivitas atau kegiatan yang beresiko, sehingga memungkinkan timbulnya kecelakaan yang seharusnya tidak perlu terjadi.

13. Jika akan menggunakan basecamp pendakian serta belanja di warung penjaja makanan dan minuman, took perlengkapan pendakian, took merchandise dan penginapan, hotel atau home stay, pastikan semuanya menerapkan SOP Pencegahan Penyebaran COVID-19 (menggunakan masker, cuci tangan dengan air sabun atau hand sanitizer, jaga jarak atau physical distancing.

Saat melaksanakan pendakian

1. Memulai pendakian, sesuai waktu yang telah ditetapkan oleh pengelola. Berjalan satu persatu dengan tetap menjaga jarak satu sama lain (minimal 2 meter) atau physical distancing saat bergerak, dan satu meter saat tidak bergerak. Tetap gunakan masker sesuai kebutuhan, khususnya saat harus berpapasan dan bicara dengan orang atau kelompok lain dan saat beristirahat di areal camp dan shelter atau tempat lainnya yang berpotensi bertemu dengan orang asing atau lain.

2. Saat melalui area publik, pastikan tetap menjalankan SOP Pencegahan Penyebaran COVID-19: menggunakan masker, cuci tangan dengan air dan sabun atau hands sanitizer, jaga jarak atau physical distancing.

3. Tetap lakukan kegiatan dengan aman. Jangan melakukan aktivitas atau kegiatan yang beresiko sepanjang pendakian, sehingga memungkinkan timbulnya kecelakaan yang seharusnya tidak perlu terjadi. Tetap berada dalam jalur yang telah ditetapkan dan jangan menerobos batas-batas pelestarian alam.

4. Selama pendakian, pastikan tetap menjalankan SOP Pencegahan Penyebaran COVID-19 yaitu tetap gunakan masker sesuai kebutuhan saat dalam perjalanan - khususnya ketika berpapasan dan bicara dengan orang atau kelompok lain dan beristirahat di areal camp, shelter atau tempat lainnya yang berpotensi bertemu orang asing.

5. Mendirikan tenda dan beristirahat secukupnya pada tempat yang telah ditetapkan.

6. Mengambil air pada sumber air sesuai kebutuhan dan tidak mencemarinya.
Menyimpan sampah dengan benar dan bawa kembali turun - khususnya sampah anorganik, termasuk sampah APD. Lalu buang pada tempat yang sudah disediakan. Mengelola sampah dan tidak membakarnya. Untuk sampah organik seperti sisa sayuran, dapat ditimbun dalam tanah.

7. Melindungi ekosistem dengan tidak membuka jalur dan areal camp baru, tidak melakukan vandalism, menebang pohon untuk dijadikan api unggun. Termasuk tidak merusak tanaman-tanaman dilindungi. Tidak memberi makan satwa, secara langsung maupun tidak langsung.

8. Pada setiap aktivitas, bersihkan peralatan dan perlengkapan setelah digunakan, lalu simpan dengan benar.

9. Membersihkan peralatan kelompok (meja, kompor, tenda kelompok dan lainnya) dengan air dan sabun atau cairan disinfekta, lalu disimpan dengan baik. Setelahnya, bersihkan tangan dengan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer.

10. Menyimpan sisa perbekalan dengan baik dan benar setelah digunakan, sehingga tidak mengundang datangnya satwa. Setelahnya, bersihkan tangan dengan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer.

11. Tidak menitipkan perlengkapan dan perbekalan pribadi kepada orang lain. Pastikan semuanya dibawa sendiri.

12. Ganti pakaian secara berkala sesuai kebutuhan.

13. Jika dalam pendakian merasakan kondisi tubuh tidak baik atau menurun kesehatannya, putuskan untuk segera turun atau tidak melanjutkan pendakian, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan atau kondisi memburuk.

Selanjutnya: Saat turun mendaki

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
BERITA TERKAIT
BACA JUGA