Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 15 Jun 2021 18:06 WIB

TRAVEL NEWS

Naik Gunung Jangan Asal, Ketahui Dulu Protokolnya di Kondisi Pandemi

Semeru di Jatim
Foto: (dian-koernia/d'Traveler)

Turun mendaki

1. Begitu tiba di pos atau kantor pengelola setelah turun mendaki, segera melaporkan diri kepada petugas pengelola. Tetap dengan menerapkan SOP Pencegahan Penyebaran COVID-19: menggunakan masker, cuci tangan dengan air dan sabun atau hands sanitizer, jaga jarak atau physical distancing. Termasuk saat menggunakan fasilitas public, seperti toilet, Mushala dan lain-lain.

2. Bersihkan diri di toilet, ganti pakaian dengan pakaian yang bersih. Untuk pakaian kotor, simpan dalam kantong terpisah. Pastikan kebersihan toilet, sebelum dan setelah menggunakannya. Setelah menggunakan toilet, cuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.

3. Bersihkan peralatan dan perlengkapan pendakian yang telah digunakan. Kalau perlu, bersihkan juga dengan menggunakan cairan desinfektan. Ransel, backpack dan duffel bersihkan dengan cairan desinfektan. Lalu, masukan kembali peralatan dan perlengkapan yang juga sudah dibersihkan - termasuk sepatu, bersihkan atau basuh dengan cairan desinfektan.

4. Sebelum memasukkan kembali ransel/backpack dan duffel ke dalam mobil, pastikan pintu mobil disemprot atau dibasuh dengan cairan desinfektan. Kemudian, bagian dalam mobil juga diperlakukan dengan cara yang sama.

5. Pastikan kembali kondisi kesehatan setelah melakukan aktivitas pendakian gunung. Jika, terjadi penurunan kondisi kesehatan, segera lakukan pemeriksaan pada fasilitas kesehatan dan ikuti petunjuk dan rekomendasi dari dokter dan petugas kesehatan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA