Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 21 Jun 2021 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Dubes RI untuk Kuba: Musik Jadi Bagian Hidup Ambon dan Havana

Ilustrasi Ambon Kota Musik Dunia
Ilustrasi Ambon Kota Musik Dunia (detikcom)
Jakarta -

Dalam memperingati hari musik Internasional, Kemenparekraf bekerja sama dengan KBRI di Havana Kuba. Sebuah webinar tentang industri musik digelar.

Duta Besar RI untuk Kuba, Nana Yuliana menuturkan hubungan diplomatik yang kuat antara Kuba dan Indonesia. Sejumlah kerja sama dilakukan dengan baik antara kedua negara ini.

"Indonesia dan Kuba memiliki hubungan diplomatik yang kuat selama 60 tahun. Indonesia selalu mendukung pencabutan resolusi sanksi ekonomi terhadap Kuba di forum PBB. Kedua negara juga selalu saling mendukung di berbagai forum internasional. Presiden Sukarno, Presiden Indonesia pertama, adalah teman dekat Presiden Fidel Castro. Presiden Sukarno berkesempatan bertemu langsung dengannya dalam kunjungan ke Havana, Kuba pada tahun 1960. Untuk meningkatkan hubungan bilateral, kedua negara telah menandatangani MoU Kerjasama Pertanian dan MoU Kerjasama Kesehatan," kata Nana Yuliana dalam Webinar G-CINC Expert Series, Senin (21/6/21).

"Indonesia juga menawarkan sejumlah beasiswa ke Kuba, seperti beasiswa seni dan budaya dan Beasiswa Kemitraan Negara Berkembang (KNB) untuk gelar sarjana, pascasarjana dan doktoral di berbagai universitas di Indonesia," tambahnya.

Kini, sebuah webinar yang di dalamnya terdapat kerja sama antara KBRI di Havana digelar. Acara ini memberikan gambaran luas tentang industri musik hingga perkembangan baru dalam teknologi digital yang mengubah cara musik dipasarkan.

"Acara hari ini mencontohkan konektivitas orang ke orang yang sebenarnya. Ini merupakan ajang untuk memahami dan mempererat hubungan masyarakat kedua negara melalui musik," kata Nana.

Nana menuturkan, sama seperti Indonesia, khususnya Ambon, masyarakat Kuba pun menyukai musik bahkan menjadikan musik bagian dari hidup mereka. Tak heran jika Ambon dan Havana dianugerahi sebagai kota musik dan kota kreatif pada Oktober 2019.

"Orang Indonesia, khususnya Ambon, seperti orang Havana dan orang Kuba pada umumnya, sangat menyukai musik. Musik telah menjadi bagian dari hidup mereka," kata Nana.

"Saya berharap acara ini akan menghasilkan kerjasama lebih lanjut antara Ambon dan Havana, tidak hanya di bidang musik, tetapi juga di bidang perdagangan dan pendidikan, dan KBRI Havana siap memfasilitasinya," pungkas Nana.



Simak Video "Kuba Memanas, AS Sindir Komunisme Ideologi Gagal"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA