Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Jun 2021 20:51 WIB

TRAVEL NEWS

Candi Borobudur, Mendut, dan Pawon Ditutup Sementara

Eko Susanto
detikTravel
Peringatan Hari Raya Waisak tidak terpisahkan dengan keberadaan Candi Borobudur di Jawa Tengah. Yuk simak lagi kemegahannya.
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Foto: Getty Images/Ulet Ifansasti)
Magelang -

Balai Konservasi Borobudur (BKB) menutup sementara Candi Borobudur, Mendut dan Pawon, yang biasanya dikunjungi wisatawan. Penutup sementara ini untuk mencegah penularan COVID-19.

Penutupan sementara kunjungan wisatawan di Candi Borobudur, Mendut, dan Pawon berlaku mulai hari ini, Rabu (23/6). Sementara, penutupannya akan berlangsung hingga Jumat (2/7), bulan depan.

Untuk Candi Borobudur penutupan dilakukan di zona satu yang pengelolaannya dilakukan oleh BKB. Sedangkan di zona dua penutupannya dilakukan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (persero).

Perihal pengumuman penutupan sementara Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon juga disampaikan melalui akun Instagram konservasiborobudur. Adapun akun ini merupakan akun resmi Balai Konservasi Borobudur.

Kepala BKB Wiwit Kasiyati mengatakan, penutupan sementara Candi Borobudur, Mendut, dan Pawon adalah tindak lanjut dari surat edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi nomor 9 tahun 2021 tanggal 18 Juni 2021 tentang kebijakan bekerja dari rumah di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19.

Selain itu, ada pula surat dari Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 4924/F F1/TI 00 04 tanggal 21 Juni 2021 tentang bekerja dari rumah dan layanan cagar budaya, museum dan galeri.

"Menindaklanjuti surat itu, kami sampaikan bahwa kunjungan ke Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Pawon untuk sementara ditutup mulai tanggal 23 Juni 2021 sampai dengan 2 Juli 2021," kata Wiwit dalam pesan singkat, Rabu (23/6/2021).



Simak Video "Pasca Erupsi Merapi, Terpal Penutup Borobudur Dibuka Kembali"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA