Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 26 Jun 2021 15:46 WIB

TRAVEL NEWS

Parangtritis Ditutup Saat Weekend, 650 Kendaraan Bermotor Diputarbalik

Kali Kedua Penutupan Parangtritis saat Weekend
Foto: (Dok. Satpol PP Kabupaten Bantul.)
Jakarta -

Tim Penegakkan Hukum (Gakkum) Satgas COVID-19 Kabupaten Bantul kembali memutarbalikkan ratusan kendaraan bermotor (ranmor) di pintu tempat pemungutan retribusi (TPR) Parangtritis. Hingga pukul 13.00 WIB, petugas memutarbalikkan 350 ranmor.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul Yulius Suharta menjelaskan, bahwa hari ini pihaknya kembali melakukan penyekatan terhadap pengunjung yang akan memasuki kawasan wisata pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Menurutnya, masih ada wisatawan yang kecele datang ke kawasan Parangtritis.

"Selama giat penyekatan shift pertama yakni jam 7 pagi sampai jam 1 siang terdapat kurang lebih 200 mobil dan 450 motor yang disuruh putar balik," katanya kepada detikcom, Sabtu (26/6/2021).

Kali Kedua Penutupan Parangtritis saat WeekendKali Kedua Penutupan Parangtritis saat Weekend Foto: (Dok. Satpol PP Kabupaten Bantul.)

Selanjutnya, kata Yulius, wisatawan tersebut diarahkan untuk mengunjungi tempat wisata lainnya. Dia mengaku tidak mendapatkan penolakan selama memutarbalikkan wisatawan yang mau masuk ke kawasan Parangtritis.

"Tapi kalau warga sekitar kami perbolehkan masuk (kawasan Parangtritis) dengan catatan harus menunjukkan identitas," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, penutupan di tempat wisata yang dikelola Pemkab Bantul saat weekend selama perpanjangan PPKM mikro membuat Tim Penegakkan Hukum (Gakkum) Satgas COVID-19 Kabupaten Bantul melakukan penjagaan di pintu TPR. Hasilnya ada ratusan kendaraan yang diputarbalikkan.

Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul Yulius Suharta mengatakan, bahwa pihaknya bersama TNI, Polri dan Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan penjagaan di 3 pintu tempat pemungutan retribusi (TPR). Di mana untuk petugas di TPR Parangtritis ada 20 orang per shift, TPR Samas 10 orang per shift dan TPR Pandansimo 5 orang per shift.

"Kita dari Tim Gakkum melakukan penyekatan di pintu masuk kawasan pantai, seperti TPR induk (Parangtritis), TPR Samas dan TPR Pandansimo. Sistemnya ada 2 shift, shift pertama jam 7 pagi sampai jam 1 siang, dan shift kedua jam 1 siang sampai jam 6 sore," katanya saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/6/2021).

Menurutnya, dari 3 titik tersebut yang paling ramai didatangi wisatawan ada di TPR Parangtritis. Alhasil, di TPR tersebut petugas memutarbalikkan hingga ratusan kendaraan bermotor.

"Bisa lebih 100 kendaraan yang diputarbalikkan tadi, dan itu hanya dalam waktu 1 sampai 2 jam saja di jalur TPR Parangtritis. Kalau untuk TPR Samas dan TPR Pandansimo tadi relatif landai," ucapnya.



Simak Video "PPKM Darurat Diberlakukan, Seluruh Pantai di Bantul Tutup"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA