Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 28 Jun 2021 17:27 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Sebut Pembangunan Tol Cipali oleh 6 Presiden Dukung UMKM Setempat

Jalan Tol Cipali
Jalan tol Cipali Foto: dok. Astratel
Jakarta -

Pembangunan tol Cipali (Cikopo-Palimanan) disebut mendukung UMKM. Hal ini dituturkan Menparekraf Sandiaga Uno dalam peluncuran buku mengenai tol Cipali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menceritakan pembangunan tol Cipali diawali pada tahun 1996 hingga diresmikan di era Presiden Jokowi. Pembangunan tol yang berjarak sepanjang 116 km tersebut pernah terhenti di tahun 1998.

"Proyek jalan tol dimulai di era presiden Soeharto dengan rencana tata ruang kabupaten Subang tahun 1996, terhenti karena krismon di tahun 1998, tapi Bapak Presiden Habibie termasuk juga Gus Dur dan Ibu Mega tetap mendorong pembangunan dari infrastruktur ini," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam Peluncuran dan Bedah Buku Pembangunan Tol Cipali yang berjudul "Cipali Trans-Jawa dan Tol Enam Presiden dengan Sembilan Rahasianya."

"Baru di tahun 2011 di era Presiden SBY ini dirampungkan dan akhirnya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo 13 Juni 2015," tambah Sandiaga.

Sandi menuturkan, tol Cipali dapat memamerkan produk-produk unggulan UMKM setempat. Jadi, tak hanya sebagai akses yang mudah untuk masyarakat namun juga memberikan jalan untuk bangkitnya ekonomi kreatif.

"Saya pernah menulis tentang Cipali ini di buku pertama saya kerja tuntas kerja ikhlas pada tahun 2017 bahwa kita bisa mengungkap bahwa pembangunan jalan tol ini merupakan publik private partnership yang pertama dan terkompleks dan ini bisa men-showcase ruang-ruang kreatif bagi produk unggulan ekonomi kreatif bagi pelaku UMKM setempat," kata Sandiaga.

"Kita tulis di buku ini ada RM Baraya ada juga tentang bagaimana kita memberikan dukungan agar pemerintah daerah dan industri bisa berkembang," tambah Sandiaga.

Sandi mengungkapkan, di exit tol Sumber Jaya, ada salah satu Kabupaten Kreatif di Majalengka. Di sana terdapat seni pertunjukan sebagai subsektor unggulannya.

"Dengan pembangunan jalan tol Cipali ini mendukung potensi ekonomi kreatif yang ada sepanjang jalan tol, Saya berharap dari Kemenparekraf pasti akan mendukung pembangunan-pembangunan infrastruktur karena anggaran kita pasti akan sangat terbatas, tentunya kita harus membuka peluang penggunaan pembiayaan dari pihak-pihak swasta dan pihak lain," tutur Sandiaga.



Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA