Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 05 Jul 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

Capai Target Vaksin, Islandia Mulai Buka Pintu untuk Turis

ASOLFSSKALI, ICELAND - SEPTEMBER 02: Tourists take a selfie around Seljalandsfoss waterfall on September 2, 2018 near Asolfsskali, Iceland. (Photo by Maja Hitij/Bongarts/Getty Images)
Wisata Islandia (Getty Images/Maja Hitij)
Reykjavik -

Islandia menjadi negara Eropa pertama yang menghapus semua syarat masuk di tengah pandemi COVID-19. Turis bisa kembali datang berwisata.

Per 26 Juni 2021 lalu, Islandia resmi membuka perbatasan untuk wisatawan asing. Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Senin (5/7/2021), wisatawan pun tak perlu menjalani karantina atau syarat ketat lainnya.

Di dalam negeri, Islandia juga sudah kembali ke kenormalan lama. Islandia tidak membatasi kerumunan juga tidak mengatur penggunaan masker serta tidak ada pembatasan jam buka toko.

Langkah yang diambil oleh pemerintah Islandia itu bukan tanpa alasan. Islandia telah mencapai target vaksinasi massal sebanyak 87% untuk masyarakat kalangan dewasa serta 60% masyarakat secara total.

"Komunikasi yang baik antara masyarakat dan peneliti telah membuahkan kerelaan masyarakat untuk berpartisipasi meredam pandemi," ujar Menteri Kesehatan Islandia, Svandis Svavarsdottir.

Svandis bilang bahwa pemerintah Islandia dapat menjaga tingkat kewaspadaan publik tanpa melebih-lebihkan resiko. Pada akhirnya, Islandia dapat berhasil karena masyarakatnya juga.

Per 1 Juli, Islandia disebut akan semakin memberikan relaksasi. Namun, traveler yang ingin masuk Islandia harus dapat memberikan surat vaksin digital atau paspor vaksin sebagai bukti.

Barang siapa traveler yang dapat menunjukkan bukti berupa surat vaksin, tidak diwajibkan menyertakan surat negatif COVID-19 ketika tiba di Islandia.

Anak-anak dan traveler yang berumur 16 tahun ke bawah juga dapat masuk tanpa mengikuti karantina atau memberi surat negatif COVID-19, tapi harus dapat memberikan sertifikat kesehatan.

Hanya bagi traveler yang belum divaksin Covid-19 wajib menjalani lima hari karantina dan melakukan tes Covid-19 sebelum diperbolehkan masuk ke Islandia.

"Kami tetap akan melakukan pengecekan, dimana kluster kecil mungkin saja muncul. Tapi kami percaya diri, bahwa kapabilitas tracing kami serta kepatuhan masyarakat dapat menangani pandemi apa pun," ujar Kepala Keamanan Sipil Islandia, Víðir Reynisson.



Simak Video "Jepang Gunakan Paspor Vaksin untuk Perjalanan Internasional"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA