Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 07 Jul 2021 17:51 WIB

TRAVEL NEWS

Warga Malaysia Kibarkan Bendera Putih di Rumah Tanda Kelaparan

BBC Indonesia
detikTravel
Sedih! Penjual Makanan Kaki Lima Ini Kelaparan Sampai Pasang Bendera Putih
Foto: Twitter @scheekeong
Kuala Lumpur -

Sejumlah warga Malaysia yang tengah menjalani lockdown ketat mengibarkan bendera putih di rumah-rumah mereka, pertanda minta bantuan.

Kampanye bertagar #benderaputih pun sudah ramai dibincangkan di media sosial sejak pekan lalu untuk membantu keluarga miskin yang makin sulit menghadapi kondisi lockdown alias karantina wilayah. Banyak warga, selebritas, dan pengusaha yang langsung menawarkan bantuan, termasuk menyediakan makanan dan kebutuhan lain.

Malaysia menerapkan lockdown secara nasional sejak 1 Juni untuk mengatasi lonjakan kasus COVID-19.

Dalam beberapa pekan terakhir, media-media massa di sana rutin menyajikan kisah emosional keluarga-keluarga yang terpaksa makan hanya sekali sehari dengan tabungan dalam kondisi terkuras seperti dikutip detikTravel dari BBC Indonesia, Rabu (7/7/2021).

Sedih! Penjual Makanan Kaki Lima Ini Kelaparan Sampai Pasang Bendera PutihSedih! Penjual Makanan Kaki Lima Ini Kelaparan Sampai Pasang Bendera Putih Foto: Twitter @scheekeong

Lalu tingkat bunuh diri pun meningkat. Menurut data kepolisian, terdapat 468 orang mengakhiri hidup dalam lima bulan pertama tahun ini.

Perbandingan itu jauh lebih besar dibanding 631 jiwa di sepanjang tahun 2020 maupun selama tahun sebelumnya yang sebanyak 609 jiwa.

Di Facebook, kelompok-kelompok #benderaputih dibentuk untuk membantu pemilik akun yang bersangkutan untuk mengirim foto dan alamat warga yang butuh bantuan.

Yang lainnya berbagi foto barang-barang kebutuhan pokok yang bisa mereka sumbangkan, begitu pula informasi mengenai lokasi pembagian bantuan makanan.

Menurut surat kabar di Malaysia, China Press, sebuah kampung nelayan di Kedah menerima bantuan dari seorang relawan dari dinas pemadam kebakaran setelah muncul 20 bendera putih yang dikibarkan di rumah-rumah lingkungan itu.

Banyak keluarga di sana yang sudah tidak bisa lagi mencari nafkah selama enam pekan dan khawatir bagaimana bisa mempertahankan asap dapur mereka tetap mengepul, ungkap laporan itu. Kalangan pengusaha pun ikut serta menggalang kampanye itu.

Jaringan toserba Econsave lewat Facebook minta bantuan netizen untuk memberitahu di mana saja warga mengibarkan bendera putih, sehingga bisa menyalurkan bantuan.

"Tidak apa-apa bila lagi kesusahan," tulisnya.

Awesome Canteen, yaitu kafe yang populer di Petaling Jaya, juga memberi bantuan dengan menawarkan makan gratis bagi siapapun yang datang kepada kasir sambil membawa secarik kertas putih.

Kalangan selebritas termasuk rapper Altimet di Instagram mengaku dia dan teman-temannya akan membagikan kebutuhan pokok di setiap pintu rumah yang mengibarkan bendera putih.

Selanjutnya: Bendera hitam juga ikut berkibar

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Covid-19 Melonjak, Malaysia Kembali Batasi Pergerakan Warganya"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA