Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 14 Jul 2021 20:40 WIB

TRAVEL NEWS

COVID-19 di Indonesia Meroket, Jepang Jemput Warganya Pakai Pesawat

Tim detikcom
detikTravel
Ilustrasi pekerja Jepang
Foto: Ilustrasi Jepang (iStock)
Jakarta -

Dampak kasus positif COVID-19 di Indonesia yang terus meroket, pemerintah Jepang menyiapkan pesawat khusus untuk mengevakuasi warga negaranya dari Indoensia.

Menteri Sekretaris Kabinet Jepang, Katsunobu Kato mengatakan hal itu disiapkan sebagai langkah antisipasi peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia.

"Untuk melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan, sehingga orang Jepang yang ingin pulang dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin, dan sebanyak mungkin orang," kata Katsunobu Kato, seperti dikutip dari Nikkei Asia, Rabu (14/7/2021).

Kato mengatakan beberapa warga Jepang di Indonesia akan pulang pada hari Rabu (14/7) ini dengan penerbangan khusus menggunakan maskapai Jepang.

"Setelah itu, kami berencana melakukan upaya serupa dalam menanggapi permintaan dari warga Jepang," ujarnya.

Awal Juli kemarin, media Jepang melaporkan lima warga negaranya yang bermukim di Indonesia meninggal akibat infeksi COVID-19 dalam kurun waktu sepuluh hari terakhir.

Menurut laporan kantor berita NHK, kelima warga Jepang itu meninggal antara 26 Juni hingga 5 Juli lalu. Mereka adalah pegawai perwakilan perusahaan Jepang di Indonesia, dan sudah cukup lama bermukim bahkan ada yang usianya sudah 40-an tahun.

Dari catatan Kedutaan Jepang sejak Desember 2020, jumlah warga mereka yang bermukim di Indonesia dan meninggal akibat COVID-19, termasuk kelima orang itu, sudah mencapai sepuluh orang.

Sementara itu, Kedutaan Jepang di Jakarta menjelaskan soal evakuasi warga Jepang dari Indonesia menggunakan pesawat khusus hari ini menyusul lonjakan kasus Covid-19.

"Penerbangan yang dilakukan tadi pagi terlaksana atas inisiatif dari perusahaan swasta Jepang dan bukan usaha evakuasi maupun repatriasi dari Pemerintah Jepang," kata kantor Kedutaan Besar Jepang kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/7).



Simak Video "Deretan Bantuan Jepang untuk Indonesia Selama Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA