Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 15 Jul 2021 07:12 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler, Ini Cara Download Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi

CNN Indonesia
detikTravel
Unrecognisable person in car giving on border control passport and certificate of covid-19 vaccination.
Ilustrasi sertifikat vaksin (Getty Images/ArtistGNDphotography)M
Jakarta -

Sertifikat vaksin menjadi persyaratan yang wajib dibawa masyarakat saat naik transportasi umum seperti pesawat, bis dan kereta api saat PPKM Darurat. Sudah tahu bagaimana cara mendapatkannya tanpa aplikasi?

Sertifikat vaksin menunjukkan status vaksinasi seseorang. Di dalamnya terdapat keterangan vaksin yang digunakan, tanggal vaksinasi, jumlah dosis suntikan yang sudah diterima. Selain itu, berisi identitas pemilik sertifikat vaksin, seperti nama, NIK, tanggal lahir, nomor sertifikat dan QR code.

Dengan detailnya data pemilik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau sertifikat vaksin digital tidak disebarluaskan kepada umum.

Sebelum bepergian, traveler bisa menyiapkan sertifikat itu secara mandiri.

Berikut cara memperoleh sertifikat vaksin tanpa aplikasi:

1. Lewat SMS

Biasanya, usai vaksinasi, traveler akan mendapat SMS berisi tautan untuk mendapat sertifikat vaksin yang ada di laman pedulilindungi. Apabila sudah vaksinasi sebanyak dua kali, maka kamu akan mendapat dua sms.

Nah, untuk mengecek sertifikat vaksin COVID-19, klik tautan yang ada pada SMS. Perhatikan tata cara berikut:

Pertama, pilih menu berupa titik tiga di kanan atas smartphone pada peramban Chrome, tekan tombol tanda panah ke bawah di bagian paling atas panel bersebelahan dengan tanda bintang dan huruf i. Selanjutnya file png pun akan terunduh, klik open untuk membuka file.

Selain dengan cara diunduh, ada cara lain yang bisa dilakukan, yakni dengan cara menyimpan sertifikat vaksinasi dengan cara menangkap layar (screenshot).

Untuk mencetak sertifikat, traveler dapat klik menu, lalu pilih Share pada bagian dropdown menu, lantas pilih print pada kotak pilihan lain yang muncul.

2. Lewat Website Pedulilindungi

Traveler juga bisa mendapat sertifikat vaksin lewat situs web resmi Pedulilindungi di https://pedulilindungi.id/.

Namun saat masuk ke situs, traveler harus login terlebih dahulu. Jika langsung melakukan pencarian status lewat bar pencarian di halaman awal situs tanpa login, maka data yang ditampilkan tidak akurat.

Login sebaiknya menggunakan nomor telepon yang digunakan saat melakukan vaksinasi. Masukan kode OTP yang dikirim lewat SMS ke nomor ponsel. Hati-hati, bila salah memasukan nomor, bisa menyebabkan akun Anda tidak teridentifikasi sudah melakukan vaksin.

Berikut tata caranya:

  • Pertama, Pilih Login/ Register di sudut kanan atas situs.
  • Apabila sudah memiliki akun, pilih Login sekarang. Jika belum pernah membuat akun, pilih Buat akun Di situs PeduliLindungi.
  • Lebih lanjut masukkan nama lengkap dan nomor ponsel yang digunakan saat melakukan vaksin.
  • Jika sudah login, klik profil yang tertera dengan nama depan pengguna di sudut kanan atas
  • Setelah itu, traveler dapat pilih sertifikat vaksin dengan mengklik profil di kanan atas situs. Lalu klik menu "Sertifikat Vaksin", lantas Sertifikat vaksin pertama maupun kedua Anda akan muncul.

Cara download sertifikat vaksin tersebut dengan klik "Unduh Sertifikat" Untuk mencetak file unduhan yang ada di Galeri ponsel.

Selain itu Anda bisa dikirim via email agar bisa dicetak di PC atau laptop yang terhubung dengan printer.



Simak Video "Sebab Musabab Bocornya NIK-Sertifikat Vaksin Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA