Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Jul 2021 13:35 WIB

TRAVEL NEWS

Jerit Perhotelan Cianjur: Tolong Bansos Jangan Cuma Pencitraan!

Ismet Selamet
detikTravel
Ketua PHRI Cianjur Nano Indra Praja
Ketua PHRI Cianjur Nano Indra Praja (Ismet Selamet/detikcom)
Cianjur -

Pengusaha hotel di Kabupaten Cianjur menjerit dengan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). PHRI juga mengeluhkan minimnya perhatian hingga bantuan kepada pegawai hotel yang ikut terdampak.

Ketua PHRI Kabupaten Cianjur Nano Indra Praja mengatakan, sejak awal PPKM darurat, okupansi hotel di Cianjur anjlok. Bahkan keterisian sebanyak 5 persen itu sudah sangat bagus.

"Selama PPKM darurat, yakni pada 3 hingga 20 Juli, ada hotel yang keterisiannya 5 persen atau terisi 1-2 kamar saja sudah sangat bagus. Banyaknya okupansi nol," ujar Nano, Rabu (21/7/2021).

Menurutnya, perpanjangan PPKM hingga 25 Juli juga memperburuk kondisi perhotelan. "Apa pun istilahnya, dari PPKM darurat menjadi berdasarkan level, tetap saja akan memperpanjang kondisi sulit yang dialami pengusaha hotel dan restoran," kata dia.

Nano menjelaskan saat ini banyak hotel di Cianjur yang sudah kelabakan untuk menggaji pegawainya. Bahkan banyak yang sudah mengurangi jam kerja hingga 75 persen. Hal itu juga membuat upah yang diterima pegawai per bulannya sangat rendah.

"Bukan lagi hari kerjanya dikurangi, tapi jam kerjanya juga dipangkas. Jadi dalam sebulan itu mereka hanya kerja tidak lebih dari enam hari. Otomatis upahnya, yang karena pandemi ini sudah kecil sekitar Rp 1 juta, kini lebih kecil lagi hanya sekitar Rp 250 ribu. Itu pun ada juga yang ditunggak," kata dia.

Sayangnya, lanjut dia, pemerintah tak memberikan perhatian kepada para pengusaha ataupun pegawai hotel. Selama 1,5 tahun pandemi pun hanya sekali bantuan sembako diterima para pegawai hotel yang terdampak.

"Itu pun dari Kementerian Pariwisata. Kalau dari pemkab belum ada sampai sekarang," ucapnya.

Selanjutnya, perhotelan Cianjur mencoba bertahan >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Langgar PPKM Darurat, Dua Pabrik di Cianjur Terancam Disanksi"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA