Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Jul 2021 18:40 WIB

TRAVEL NEWS

Dinas Pariwisata Sleman Genjot Vaksinasi di Destinasi Wisata

Suasana vaksinasi COVID-19 di Pantai Ngobaran, Kalurahan Kanigoro, Kapanewon Saptosari, Gunungkidul.
Foto: Ilustrasi vaksinasi (Pradito Rida Pertana/detikcom)
Sleman -

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman ikut ambil bagian dalam mempercepat vaksinasi COVID-19. Sejumlah objek wisata dipilih jadi lokasi vaksinasi.

Kepala Dispar Sleman Suparmono mengatakan, vaksin massal Covid-19 bagi pelaku wisata dilakukan untuk mendukung percepatan vaksin dan terbentuknya herd immunity (kekebalan komunal). Selain itu, sebagai persiapan untuk pembukaan objek wisata jika nanti kondisi sudah memungkinkan untuk beroperasi lagi.

"Saat ini kami sedang gencarkan vaksinasi di destinasi wisata khususnya, terutama bagi yang berusia 18 tahun-30 tahun," kata Suparmono melalui pesan singkat kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Pria yang akrab disapa Pram itu menjelaskan saat ini vaksinasi di destinasi wisata sudah berjalan di beberapa lokasi. Tercatat sudah ada ratusan pelaku wisata yang disuntik vaksin.

"Yang sudah berjalan di Obelix Hills, Jogja Bay, Teras Merapi dan Tebing Breksi," katanya.

Vaksinasi ini, kata Pram, sebagai salah satu langkah persiapan ketika nantinya objek wisata dibuka. Sehingga untuk pelaku wisata sudah siap, baik fasilitas maupun sumber daya manusia (SDM). Termasuk protokol kesehatan.

Pram menambahkan sesuai Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 20/INSTR/2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 4 COVID-19 di DIY, wisata di Sleman tutup.

"Wisata masih tutup hingga 2 Agustus mendatang,"pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ikut berupaya untuk mempercepat vaksinasi COVID-19. Salah satunya dengan mempersiapkan sejumlah objek wisata (obwis) untuk menjadi lokasi vaksinasi COVID-19 bagi para pelaku wisata.

Kepala Dispar DIY Singgih Rahardjo mengatakan, bahwa lokasi vaksinasi COVID-19 di obwis sebagian besar menyasar seluruh Kabupaten dan Kota di DIY. Mengingat untuk vaksinasi di obwis Kabupaten Kulon Progo masih dalam penjadwalan.

"Kalau bulan Juli ini sudah dilakukan seperti di Kabupaten Sleman, Bantul hingga Gunungkidul ya," katanya kepada wartawan, Minggu (25/7/2021).

"Tujuannya agar pelaku wisata tervaksinasi dan saat pariwisata dibuka lagi mereka sudah siap menyambut wisatawan dan wisatawan merasa aman dan nyaman," lanjut Singgih.



Simak Video "Vaksinasi Covid-19 Disabilitas Terkendala Dukungan Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA