Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 28 Jul 2021 07:10 WIB

TRAVEL NEWS

UNESCO Umumkan 9 Warisan Dunia Baru, Apa Saja?

Taman Retiro
Foto: Plaza Parterre di Taman Retiro Madrid (Getty Images)
Jakarta -

Komite Warisan Dunia UNESCO mengumumkan sembilan destinasi terbaru ke Daftar Situs Warisan Dunia. Di antaranya, Taman Retiro di Madrid dan Kereta api di Iran.

Diberitakan oleh Travel+Leisure, sembilan Situs Warisan Dunia UNESCO tersebut tersebar di seluruh Eropa dan Asia.

Di Madrid, Taman Retiro dan jalan raya Paseo del Prado dengan deretan tanaman tua di tepi jalan masuk daftar itu. Kawasan itu merupakan salah satu tempat pertama di kota besar Eropa yang menjadi tempat warga menikmati waktu luang dan berjalan-jalan.

"Bangga dengan kota kami dan bahagia untuk Spanyol dan warisan ibu kotanya," Wali Kota Madrid, Jose Luis Martines mentweet.

Selain monumen Madrid, China's Emporium of the World, sebuah situs yang berasal dari abad ke 10 Masehi juga masuk dalam daftar. Situs tersebut menyimpan bangunan keagamaan dan sisa-sisa arkeologi dermaga, jembatan dan jaringan transportasi sebagai pengingat semangat kota sebagai emporium maritim selama perioda Song dan Yuan.

Ada pula 11 kota spa di 7 negara Eropa, termasuk Austria, Belgia, Ceko. Prancis, Italia dan Inggris ditambahkan sebagai penanda 'budaya spa Eropa Internasional yang berkembang dari awal abad ke 18 hingga tahun 1930-an.

Adapun area budaya Hima Arab Saudi di bagian pegunungan negara tersebut ditambahkan ke dalam daftar koleksi substansial gambar seni cadas yang berisi sejarah lebih dari 7.000 tahun.

Selanjutnya ada Mercusuar Cordouan dari abad ke 16 di Prancis, lalu Koloni Seniman Darmstadt di Mathildenhohe di Jerman, lukisan dinding abad ke 14 di Padua, Italia, Kuil Kakatiya Rudreshwara abad ke 12 di India dan kereta apo Trans-Iran.

Sementara itu, Komite Situs Warisan Dunia akan melanjutkan pemungutan suara untuk penambahan daftar baru hingga 28 Juli.



Simak Video "UNESCO Ungkap Alasan Situs Warisan Dunia Terancam Kehilangan Statusnya"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA