Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Agu 2021 06:15 WIB

TRAVEL NEWS

Silk Road Samarkand, Wisata Baru dari Negeri Wanita Tercantik Dunia

bonauli
detikTravel
Kota tua Samarkand
Kota tua Samarkand (Usbekistan.at)
Samarkand -

Uzbekistan mempunyai magnet wisata baru usai pandemi Covid-19. Menjadi salah satu jalur sutra dunia, inilah Samarkand yang indah.

Dilansir dari Travel Daily, Silk Road Samarkand adalah sebuah kompleks wisata multifungsi yang akan jadi daya tarik modern kota Samarkand. Komplek ini akan menggabungkan fasilitas wisata budaya, gastro, medis dan bisnis.

Akan mulai buka pada tahun 2022, Silk Road Samarkand bakal menampung hotel kelas dunia, hotel butik, ruang publik kontemporer, taman, area rekreasi dan olahraga, restoran otentik, ruang kongres internasional sampai situs budaya yang menarik.

Proyek ini dikembangkan oleh tim arsitektur dan insinyur internasional. Kompleks ini memungkinkan untuk menggabungkan berbagai zona tematik ke dalam ansambel arsitektur yang seimbang.

Nama ini memang sengaja dipilih untuk mengenang rute Great Silk Road yang melewati wilayah Uzbekistan dari abad II SM hingga abad XV. Samarkand Kuno adalah salah satu perhentian terpenting bagi karavan perdagangan sutera dari Asia ke Eropa.

Terletak di bagian timur kota, Silk Road Samarkand memiliki area sekitar 260 hektar. Ini berpusat di sekitar jalur air dari kanal dayung Samarkand, yang pada zaman Uni Soviet berfungsi sebagai pelatihan untuk tim nasional dan kompetisi All-Union.

"Samarkand adalah perhentian utama di Great Silk Road, tempat seluruh peradaban melintas. Kami percaya bahwa Silk Road Samarkand akan menjadi pusat pariwisata internasional," ujar Artiom V Egikian, CEO dari perusahaan pengelola Silk Road Samarkand.

Samarkand merupakan salah satu kota di Uzbekistan dengan warganya yang khas sebagai campuran darah Eropa dan Asia. Keunikan itu membuat penduduk perempuan disebut-sebut adalah wanita tercantik di dunia.

Samarkand sekaligus merupakan salah satu kota bersejarah dalam peradaban Islam di Uzbekistan dan Asia Tengah. Bersama dengan Kota Bukhara, Samarkand menjadi pusat perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan Islam.

Terdapat sejarah panjang peradaban Islam di kota yang didirikan kira-kira 3.000 tahun lalu itu. Samarkand baru bisa ditaklukkan oleh kaum muslimin pada tahun 93 H/712 M, dan sejak itulah Islam mulai diterima kalangan luas masyarakat Samarkand. Pasca ditaklukan oleh Dinasti Umayyah, kota ini menjadi kota yang sangat maju dan menjadi pusat Islamisasi ke wilayah Asia Tengah.

Di samping pusat Islamisasi, kota yang menjadi warisan budaya UNESCO ini juga pernah menjadi pusat budaya. Hal itu terlihat dari pertemuan tiga budaya, yaitu budaya Arab, budaya Barat dan budaya China.



Simak Video "Eks Sespri Ungkap Alasan Edhy Prabowo Beri Uang ke Pesilat Uzbekistan"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA