Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 09 Agu 2021 18:45 WIB

TRAVEL NEWS

Tips Panjang Umur dari Negara Paling Bahagia di Dunia

CNBC Indonesia
detikTravel
Girlfriends using Smartphone in Coffeeshop
Foto: Istock
Jakarta -

Masyarakat Jepang, Norwegia dan Hawaii memiliki harapan hidup paling tinggi di dunia. Ada rahasianya lho kenapa mereka bisa panjang umur dan sehat.

Masyarakat Jepang dan Norwegia memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dibandingkan negara-negara lain di dunia. Dari seluruh negara di dunia, Jepang berada di peringkat kedua dalam kategori ini dengan harapan hidup rata-rata setinggi 85,03 tahun untuk kedua jenis kelamin. Sementara itu, Norwegia berada di peringkat 17, dengan rata-rata harapan hidup 82,94 tahun untuk kedua jenis kelamin.

Sementara itu, Hawaii, salah satu negara bagian di Amerika Serikat (AS) dengan harapan hidup paling tinggi, yaitu 82,3 per tahun 2018. Bahkan, jika dimasukkan kepada peringkat dunia, Hawaii akan berada di posisi ke-25, lebih baik dari negara-negara lain seperti Belgia, Austria, dan Jerman.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (9/8/2021) CNBC Make It melakukan riset kepada 100 warga lokal Hawaii, Jepang dan Norwegia, serta berdiskusi dengan para ahli untuk mencari tahu kenapa ketiga tempat ini memiliki harapan hidup yang sangat tinggi. Berikut adalah tiga rahasia kesehatan dan kebahagiaan di ketiga wilayah itu:


Mereka Menghabiskan Waktu di Luar Sebanyak Mungkin

Tim riset CNBC Make It melakukan diskusi dengan sejumlah masyarakat Norwegia. Ternyata, mereka memiliki filosofi yang nernama friluftsliv (yang berarti "udara kehidupan yang bebas"). Pengikut friluftsliv menggambarkan filosofi ini sebagai sebuah perasaan atau kerinduan mendasar untuk menghabiskan waktu di luar sebanyak mungkin.

Meskipun Norwegia mengalami hujan yang rutin ditambah matahari tidak terbit selama tiga bulan di beberapa bagian negara itu, orang Norwegia masih berdedikasi untuk beraktivitas di luar. Mereka beralasan aktivitas ini meningkatkan suasana hati, kesehatan mental, dan kesejahteraan emosional mereka.

Anda tidak perlu berkemah atau hiking untuk mendapatkan efek penyembuhan dari friluftsliv. Sesuatu yang sederhana seperti memilih untuk jalan kaki untuk membeli belanjaan adalah friluftsliv. Berpiknik di taman adalah friluftsliv. Menyelenggarakan kelas di luar ruangan adalah friluftsliv.

Mereka Melakukan Aktivitas yang Membutuhkan Fokus Penuh

Salah satu cara untuk memperkuat fokus Anda adalah menghayati diri dalam sebuah aktivitas yang rumit - bukan untuk hasilnya, tetapi untuk prosesnya.

Di Jepang, para ahli teh melatih hal ini dengan upacara minum teh, dalam sebuah ritual koreografi di mana mereka menyiapkan dan menyajikan teh. Selama proses tersebut, fokus mereka begitu dalam, sehingga mereka tidak memikirkan hal lain.

Aktivitas ini merangkul konsep Buddhis terkait waktu, jelas Shigenori Nagatomo, seorang profesor filsafat di Temple University.

"Banyak orang sering melamun, dan berpikir bahwa ada sesuatu yang lebih baik di tempat lain selain di mana mereka berada," ujarnya. "Tapi sebetulnya ada realitas pamungkas yang terbentang tepat di depan mata Anda, selalu ada - jadi Anda seharusnya melibatkan diri sepenuhnya dalam hal itu," lanjutnya.

Dan benar juga, kalau semua hal tidak kekal dan waktu berlalu dengan cepat, bukankah seharusnya kita semua mengejar momen-momen yang begitu indah, begitu unik, sehingga membuat kita lupa diri, dan mengeluarkan kita dari pikiran kita sendiri, sangking kita menghayatinya?

Mereka Mempelajari Cerita Mereka (asal usul)

Di AS, Hawaii menempati posisi teratas untuk negara bagian dengan harapan hidup rata-rata tertinggi. Lalu, apa rahasianya?

"Untuk menjalani kehidupan yang sehat di dunia ini, Anda harus mengetahui kisah Anda," kata Greg Solatario, seorang penduduk asli Hawaii yang tinggal di tanah yang sama tempat ia dibesarkan.

"Saya berasal dari tanah ini. Keluarga saya berasal dari tanah ini. Dan saya percaya bahwa mengetahui asal usul saya membantu saya tetap membumi dan terhubung [dengan lingkungan saya] setiap hari," lanjutny.

Sebagai Solatario generasi ke-50, Greg adalah bagian dari keluarga kuno terakhir yang masih tinggal di Lembah Halawa, sebidang tanah bersejarah di Molokai, tempat orang Hawaii menetap sejak tahun 650 M.

"Ada ungkapan Hawaii, nana i ke kumu, yang berarti 'lihat ke sumbernya,' atau 'lihat ke gurunya,'" katanya. "Idenya adalah nenek moyang Anda adalah pemandu Anda. Ketika Anda tahu dari mana Anda berasal, Anda lebih mampu mengenal diri sendiri. Dan mengenal diri sendiri, mengetahui kisah Anda, adalah salah satu cara terbaik untuk menjadi sehat," lanjutnya.

Jadi tanyalah orang tua atau kakek-nenek Anda, atau mungkin tetangga Anda yang lebih tua, tentang kehidupan mereka sebelum Anda lahir. Apa saja tradisi atau tips yang menurut mereka harus diwariskan kepada generasi mendatang?

Aktivitas ini bukan untuk memahami garis keturunan leluhur Anda melalui pengujian genetik, tetapi untuk mengetahui kisah Anda dengan meluangkan waktu untuk terhubung dengan para tetua yang membantu membentuk jalan Anda. Proses ini, di mana kita mendengarkan cerita, dan menyampaikan cerita kepada orang lain, memberi makna bagi hidup kita.



Simak Video "Aksi Teror Pria Berbusur Panah di Norwegia, 5 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/sym)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA