Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 14 Agu 2021 06:41 WIB

TRAVEL NEWS

OMG! Suhu Bumi Naik 2 Derajat Saja, Terumbu Karang Dunia Lenyap

bonauli
detikTravel
Terumbu karang dan karang bakau
Bleaching pada terumbu karang (CNN)
Jakarta -

Kutub yang mencair menjadi peringatan kenaikan suhu bumi.Salah satu imbasnya terumbu karang bisa lenyap.

Efek rumah kaca terus terjadi dan bumi semakin mengkhawatirkan. Peter Thomson, utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Lautan dan Ketua Bersama Friends of Ocean Action, pun meminta pengurangan emisi gas rumah kaca.

"Anda tidak dapat memiliki planet yang sehat tanpa laut yang sehat," kata Thomson seperti yang dilansir dari World Economic Forum.

Thomson dengan gamblang mengatakan bahwa para penghasil emisi besar harus menghadapi kenyataan bahwa mereka meracuni bumi. Sehingga mereka harus memimpin pengurangan emisi secara drastis.

Contohnya adalah Fiji. Berasal dari Fiji, Thomson mengungkapkan bahwa Fiji sudah berada di bawah ancaman kenaikan permukaan laut dan suhu laut.

"Dari perspektif laut, semuanya terhubung. Anggap saja sebagai satu bak mandi. Jadi, apa yang mengalir dari lapisan es Greenland menyebabkan naiknya permukaan laut di republik atol," dia menjelaskan.

PBB memang melaporkan adanya perubahan besar yang sedang terjadi di lautan. Ini termasuk pemanasan, gelombang panas laut yang lebih sering, pengasaman dan penurunan kadar oksigen. Penilaian luas tentang dampak manusia di planet ini mengatakan bahwa perubahan iklim tersebar luas, cepat dan semakin intensif.

"Pemanasan, pengasaman, deoksigenasi, perubahan pola sirkulasi dan naiknya permukaan laut mengancam kehidupan laut dan ekosistem serta membahayakan kemampuan masa depan laut untuk secara tidak langsung mendukung kehidupan di bumi," kata Thomson.

Ini jelas mengancam ekosistem laut, termasuk terumbu karang. Terumbu karang adalah salah satu ekosistem dengan keanekaragaman hayati tertinggi di planet ini. Terumbu karang juga merupakan rumah bagi lebih dari seperempat kehidupan laut.

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mengatakan bahawa terumbu karang akan menurun 70-90 persen dengan pemanasan global 1,5 derajat celcius. Bahkan, semua terumbu karang akan hilang hanya dengan kenaikan 2 derajat celcius.

Hal ini tentu sangat sulit dijangkau dalam beberapa dekade. Kecuali adanya pengurangan emisi gas rumah kaca yang dilakukan dengan cepat dan berskala besar.

"Pemimpin pemerintah harus turun tangan. Tindakan pemerintah diperlukan untuk menjadikan energi terbarukan sebagai cara kita untuk maju. Fokus pada inovasi model baru untuk restorasi, perlindungan dan pembiayaan laut dan ekosistem menjadi cara yang dianjurkan," kata dia.



Simak Video "Titik Penyelaman Taman Laut Bunaken Sulawesi Utara "
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA