Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 18 Agu 2021 19:17 WIB

TRAVEL NEWS

Warna Biru Dalam Lambang ASEAN Melambangkan Hal Ini

Gedung Sekretariat ASEAN diresmikan Jokowi hari ini. Sebelum menjadi gedung Sekretariat ASEAN, bangunan itumerupakan kantor Wali Kota Jakarta Selatan.
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Seperti kita ketahui, ASEAN merupakan tempat perkumpulan bangsa-bangsa di daerah Asia Tenggara. Menilik simbolnya, warna biru dalam lambang ASEAN punya arti spesial.

Dikutip detikTravel dari situs ASEAN, Rabu (18/8/2021), ASEAN adalah kepanjangan Association of South East Asia Nations. Organisasi ini pertama kali dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Kala itu, deklarasinya dihadiri oleh lima Menteri Luar Negeri perwakilan negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina dan Singapura. Dimana kelima tokohnya juga disebut sebagai founding father atau bapak pendiri ASEAN.

Adapun arti dari bentuk simbol dan warna pada logo ASEAN:

1. Warna

Lambang ASEAN yang terdapat pada bendera berbentuk lingkaran. Dari logo tersebut terdapat beberapa warna yang menyatu sehingga mengandung arti dan makna.

Merah
Warna merah mewakili keberanian serta dinamika yang membentuk semangat perjuangan mencapai satu visi dan misi. Merah menjadi warna dasar dalam lambang ASEAN.

Biru
Biru pada lambang memiliki arti perdamaian dan keamanan. Warna tersebut digambarkan sebagai lingkaran dan kata ASEAN pada logo.

Kuning
Kemakmuran dan kesejahteraan diwakili oleh warna kuning yang terdapat pada bentuk padi.

Putih
Warna yang terakhir dalam logo adalah putih. Warna ini melambangkan kesucian dan memiliki bentuk lingkaran yang melengkapi setiap bentuk lambang yang lain.

2. Bentuk

Ada tiga bentuk yang terdapat pada lambang ASEAN, yakni lingkaran, padi dan tulisan 'ASEAN'. Ketiga bentuk tersebut sama-sama mengandung arti dan makna.

Lingkaran
Terdapat dua lingkaran pada lambang ASEAN, yakni berwarna biru dan putih. Bentuk tersebut mewakili persatuan antar negara-negara anggota organisasi ASEAN.

Padi
Sepuluh tangkai padi dalam lambang ASEAN melambangkan negara dari anggota-anggota. Seperti diketahui, organisasi ini awalnya terdiri dari Filipina, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Harapannya, kesepuluh negara tersebut saling terikat rasa persahabatan dan solidaritas.

Itulah arti dari bentuk simbol dan warna biru pada lambang ASEAN. Semoga mencerahkan untuk para traveler.



Simak Video "Jokowi Desak Implementasi ASEAN Travel Corridor "
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA