Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Agu 2021 19:02 WIB

TRAVEL NEWS

Ada Rumor Batik Air Evakuasi WNI di Afghanistan, Ini Kata Kemlu dan Maskapai

Pakistani soldiers stand guard while stranded people walk towards the Afghan side at a border crossing point, in Chaman, Pakistan, Friday, Aug. 13, 2021. Pakistan opened its Chaman border crossing for people who had been stranded in recent weeks. Juma Khan, the Pakistan border towns deputy commissioner, said the crossing was reopened following talks with the Taliban. (AP Photo/Jafar Khan)
Ilustrasi (AP/Jafar Khan)
Jakarta -

Beredar kabar perihal pesawat Batik Air yang terbang ke Afghanistan untuk mengevakuasi WNI setelah pendudukan oleh Taliban. Kemlu dan maskapai bersuara.

Sebuah penerbangan dengan nama maskapai RI, Batik Air, dikabarkan terbang menuju Afghanistan seperti dikutip detikTravel dari CNBC Indonesia, Jumat (20/8/2021). Dilaporkan, penerbangan itu bertujuan untuk menjemput WNI menyusul penguasaan kelompok Taliban.

Hal ini diketahui dari sebuah data di aplikasi pelacakan penerbangan FlightRadar24 yang diunggah oleh forum penggemar aviasi Indoflyer semalam. Dalam data itu tertulis bahwa pesawat Batik Air bertipe Airbus A320 neo akan terbang dari Jakarta menuju Kabul dalam misi membawa WNI pulang dari negara Asia Tengah itu.

"A320neo Batik Air PK-BDF akan terbang ke Kabul Afghanistan 19 Agustus 2021 untuk menjemput WNI yang ada di sana," cuit Indoflyer dalam akun Twitternya, Rabu (18/8).

Menanggapi hal itu, CNBC Indonesia mencoba meminta konfirmasi dari sejumlah pihak. Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, enggan komentar lebih lanjut akan informasi ini.

Dikonfirmasi terpisah oleh detikTravel, Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro juga menepis kabar tersebut.

"Mengenai hal tersebut, bahwa Batik Air tidak terbang ke Afghanistan. Terima kasih," ucap Danang via pesan singkat.

Pagi ini, merujuk situs yang sama, tidak terdapat pelacakan rute penerbangan Batik Air Jakarta-Kabul. Dalam situs itu, penerbangan Batik Air dengan nomor penebangan ID3102 rute Jakarta-Kabul berada dalam status "Unknown" atau tidak diketahui.

Sementara itu, pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Kabul, Afghanistan. Total ada 26 WNI yang dievakuasi.

"Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staff KBRI," kata Menlu Retno LP Marsudi, melalui akun Twitternya, Jumat (20/8/2021).

Selain itu, ada juga 5 WN Filipina dan 2 WN Afghanistan yang ikut dievakuasi pemerintah. Retno menjelaskan mereka merupakan suami dari WNI dan staf lokal KBRI.

Evakuasi dilakukan hari ini dengan menggunakan pesawat TNI AU. Retno mengatakan pesawat yang mengevakuasi WNI dari Kabul itu saat ini sudah berada di Islamabad dan akan menuju ke Indonesia.



Simak Video "Warga Afghanistan Rasakan Pemadaman Listrik Berulang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA