Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 28 Agu 2021 14:45 WIB

TRAVEL NEWS

Sejarah! Bayi Hiu Lahir Tanpa Proses Pembuahan Jantan-Betina

Putu Intan
detikTravel
Ilustrasi Hiu di Malam Hari
Ilustrasi hiu. Foto: (iStock)
Sardinia -

Fenomena unik terjadi di Italia. Ada bayi hiu lahir dari induk betina yang tak dibuahi hiu jantan. Kok bisa ya?

Ilmuwan menyebut ini merupakan kali pertama di dunia di mana seekor hiu berhasil lahir di sebuah akuarium yang dipenuhi hiu betina. Fenomena ini disebut partenogenesis atau kelahiran perawan.

Kelahiran jenis ini sebelumnya pernah terjadi di berbagai spesies, termasuk tanaman, serangga, reptil, burung dan ikan. Akan tetapi belum pernah ditemukan pada hiu jenis smooth hound.

Dilansir dari Oddity Central, kelahiran ini membuat staf di Acquario Cala Gonone, Sardinia terkejut. Kelahiran bayi hiu ajaib ini diduga terjadi secara aseksual. Meski belum dikonfirmasi secara resmi, tim di akuarium itu mengatakan tidak ada penjelasan lain yang lebih masuk akal dari hal tersebut.

Sementara itu, bayi hiu yang baru lahir ini disebut memiliki DNA yang identik dengan induknya. Itu karena embrio bayi hanya menerima materi genetik dari satu individu sehingga bayi ini dapat juga disebut sebagai kloningan dari induknya.

"Ibunya tinggal di bak pelagis besar dengan hiu betina lainnya. Jika dikonfirmasi dengan analisis DNA, itu akan menjadi partenogenesis pertama yang didokumentasikan di dunia oleh Mustelus Mustelus. Ispera, nama yang dipilih untuk bayi itu, dalam bahasa Sardinia berarti harapan dan kelahiran di masa COVID-19," tulis Acquario Cala Gonone di Facebook.

Baca berita tentang hiu selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA