Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 02 Sep 2021 06:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kisah Pilu Tour Guide Wanita Afghanistan Setelah Kabul Dikuasai Taliban

Perempuan Afghanistan Kembali Sekolah di Tengah Kekuasaan Taliban
Ilustrasi (Getty Images/Paula Bronstein)

Di tengah kegelapan malam, Ima hanya bisa berjalan tanpa tujuan selama tiga jam. Beruntung, pemilik operator tur tempatnya bekerja menelpon Ima dan menyuruhnya menginap di rumahnya.

Tanpa pikir panjang, Ima segera memberhentikan taksi dan pergi menuju rumah bosnya itu. Di kegelapan malam, ia hanya bisa pasrah menyaksikan Taliban di jalanan.

Sambil berdoa, Ima hanya berharap agar Taliban tidak memergoki taksi yang ditumpanginya. Tentu saja, hal buruk hingga kematian bisa saja datang tanpa diduga jika hal itu terjadi.

Dari rumah bosnya, Ima bercerita perihal hidupnya yang sangat berbeda pasca pendudukan Taliban. Pribadi, ia merasa seperti burung yang tertahan di dalam sebuah sangkar.

"Satu waktu saya adalah seorang pemandu tur wisata Afghanistan untuk dunia. Sekarang saya merasa seorang diri. Tak punya pekerjaan, tak bisa sekolah, tak bisa melakukan hobi, tidak bahagia, tak punya teman, tak punya keluarga dan hanya bisa menanti masa depan yang tak pasti," tulisnya.

"Betapa sempit dunia dimana kamu bisa bicara dengan semua orang, tapi nyatanya kamu tak bisa pergi ke manapun. Pekerjaanku satu-satunya adalah mencoba bertahan hidup," kata dia.

Kisah pilu yang dialami Ima sekaligus menceritakan ngerinya represi dari kelompok Taliban. Yang sebegitu hebatnya hingga dapat menekan hak dan kebebasan dari masyarakat Afghanistan.

Tentunya kita tidak bicara soal agama di sini, melainkan hak asasi manusia dan kebebasan untuk berkegiatan dan menyuarakan pendapat. Namun, semua seakan sirna di balik ketakutan akan segala kemungkinan buruk yang mengetuk dari balik pintu.

Semoga segenap rakyat Afghanistan dilindungi dan diberi kekuatan di tengah masa sulit ini.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rdy/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA