Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Sep 2021 09:05 WIB

TRAVEL NEWS

Yang Pertama Buka, The Lodge Maribaya Jadi Penentu Wisata Bandung Barat

Whisnu Pradana
detikTravel
The Lodge Maribaya
The Lodge Maribaya (The Lodge Maribaya)
Bandung Barat -

The Lodge Maribaya menjadi salah satu obyek wisata yang dibuka. Tempat wisata ini menjadi penentu untuk obyek wisata lainnya setelah masa uji coba.

Objek wisata The Lodge Maribaya yang ada di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi satu dari 20 objek wisata yang diizinkan melakukan uji coba operasional di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Keputusan tersebut disampaikan oleh pemerintah pusat setelah menilai laju penularan COVID-19 di dalam negeri belakangan ini cenderung menurun sesuai harapan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bandung Barat Heri Partomo menyebut pihaknya sudah menerima informasi tersebut lantaran sebelumnya sempat melakukan pembahasan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Untuk di KBB The Lodge Maribaya yang jadi objek wisata percobaan dibuka. Mereka wajib dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ungkap Heri saat dihubungi detikcom, Kamis (9/9/2021).

Ujicoba pembukaan objek wisata tersebut bakal berlangsung selama satu minggu. Heri menegaskan ujicoba tersebut bakal menentukan nasib objek wisata di Bandung Barat bakal diperbolehkan untuk buka sepenuhnya atau tidak.

"Uji cobanya itu seminggu. Kan nanti akan ada PPKM lagi, kalau hasilnya baik mungkin nanti bertambah beberapa destinasi wisata yang bakal uji coba dibuka. Kalau nanti misalnya setelah ujicoba pengunjung membludak dan berdampak buruk, mungkin akan jadi pertimbangan," terang Heri.

Selama uji coba dilaksanakan, pengelola objek wisata tertentu yang telah ditunjuk wajib melaporkan progres dan evaluasi kegiatannya setiap hari. Termasuk penerapan teknis izin masuk wisatawan sesuai surat edaran yang segera diterbitkan pemerintah daerah.

Adapun teknisnya yakni mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kemenparekraf dan Kementerian Kesehatan. Lalu wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan screening terhadap semua pengunjung dan pegawai objek wisata. Serta anak di bawah usia 12 tahun dilarang untuk masuk.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kelinci Lucu, Bak Boneka Berbulu Lebat Hasil Pembiakan di Kecamatan Ngamprah Bandung Barat "
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA