Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 15 Sep 2021 16:33 WIB

TRAVEL NEWS

Wisata Cianjur yang Tengah Pemanasan Dulu

Objek wisata di Cianjur.
Kebun Raya Cibodas, Cianjur (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Jakarta -

Cianjur saat ini memberlakukan 25 persen kuota per destinasi wisata. Pemerintah kabupaten ingin menahan dulu laju wisatawan meski bisa lebih banyak kuotanya di PPKM Level 2.

"Biar pemanasan dulu. Wisata alam lagi inn, di Cidaun ada taman hutan cemara di pinggir pantai. Itu sederhana tapi antusiasnya luar biasa karena kami memiliki penduduk sekitar 2,5 juta," kata Bupati Cianjur Herman Suherman kepada detikcom.

"Jadi tak usah mendatangkan wisatawan dari luar. Banyak BUMDes bikin tempat yang bagus meski tak mewah tapi sehat dan nyaman," kata dia.

Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sendiri batal turun ke PPKM level 1. Sebab, pemerintah pusat memasukkan capaian vaksinasi COVID-19 sebagai indikator penilaian level PPKM.

Herman mengatakan Cianjur harusnya sudah turun dari PPKM level 2 menjadi level 1, mengingat dalam beberapa pekan terakhir untuk menekan laju kasus penyebaran COVID-19.

Menurutnya saat ini temuan kasus baru hanya sekitar 70 kasus per pekan, dari yang sebelumnya mencapai ratusan kasus setiap minggu.

Selain itu, angka kematian dalam empat pekan terakhir nol. Tak hanya itu, tingkat keterisian tempat isolasi di rumah sakit juga sangat rendah.

"Di fase puncak kemarin kasus baru pertama minggu bisa di atas 600 kasus. Kemudian berangsur menurun, dan kini hanya 70 kasus per pekan," ujar Herman

Bahkan untuk tracing, dari 30 ribu testing yang dilakukan sepekan ini, positif rate hanya 0,5 persen. "Tracing dan tracking juga sudah kita lakukan, dengan angka positif rate 0,5 persen," ucap dia.

Sayangnya dengan penurunan tersebut Cianjur terganjal untuk bisa turun ke level 1 lantaran pemerintah pusat memasukan indikator capaian vaksinasi.

Untuk bisa turun dari level 3 ke level 2, capaian vaksinasi harus di angka 50 persen untuk dosis pertama dan 40 persen untuk vaksinasi kedua. Sedangkan untuk bisa turun dari level 2 ke level 1, capaian vaksinasi harus di angka 70 persen dosis pertama dan 60 persen untuk sasaran lansia.

Sedangkan capain vaksinasi COVID-19 Cianjur saat ini tercatat baru mencapai 16,15 persen atau baru sekitar 309.611 orang dari target sebanyak 1,9 juta orang.

"Indikator baru tersebut membuat Cianjur belum bisa turun ke level 1, meskipun dari indikator lain sudah memungkinkan kita turun," kata dia.

"Tapi saya tetap bersyukur, karena terpenting kasus COVID-19 turun, penyebaran juga sudah bisa ditekan. Warga Cianjur sehat. Sambil kita juga upayakan kejar capaian vaksinasi," tambahnya.

Cianjur bersama daerah lainnya di Jawa Barat seperti Kuningan, Sukabumi, Pangandaran, Majalengka Kota Banjar, Karawang, Indramayu, Ciamis, Subang, Garut masuk level 2.

Sedangkan daerah di Jawa Barat yang masuk level 3 adalah
Kota Sukabumi
Kota Cirebon
Kota Bogor
Kota Bekasi
Kota Bandung
Kabupaten Tasikmalaya
Kota Tasikmalaya
Kota Depok
Kota Cimahi
Kabupaten Bogor
Kabupaten Bekasi
Kabupaten Bandung Barat
Kabupaten Bandung
Kabupaten Sumedang

Sementara Level 4:
Kabupaten Cirebon
Kabupaten Purwakarta



Simak Video "Ratusan Wisatawan di Cianjur Divaksinasi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(msl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA