Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Sep 2021 13:40 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga Prioritaskan Desa Wisata Majapahit di Mojokerto Karena Unik

Sandiaga Uno Kunker ke Mojokerto
Foto: Menparekraf Sandiaga Uno di Mojokerto (Enggran Eko Budianto/detikTravel)
Mojokerto -

Menparekraf Sandiaga Uno memprioritaskan Desa Bejijong di Mojokerto untuk dikembangkan menjadi desa wisata Majapahit. Ia menyebut desa tersebut punya keunikan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Mojokerto, Menparekraf Sandiaga Uno berkeliling untuk melihat langsung rumah-rumah bergaya khas Majapahit di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Mojokerto dengan menaiki delman.

Sebanyak 94 rumah Majapahit di kampung ini dibangun Pemprov Jatim bersama Pemkab Mojokerto tahun 2015 lalu agar menjadi salah satu ikon wisata.

Sampai di Mahavihara Mojopahit, Sandiaga disambut tarian tradisional Mayang Rontek, teaterikal Sumpah Palapa Patih Gajah Mada dan puluhan warga setempat. Didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, ia lantas berkeliling di vihara sekaligus melihat patung Budha tidur terbesar di Indonesia.

Sejumlah kesenian tradisional menghibur Menparekraf di Mahavihara Mojopahit. Seperti kuda lumping, bantengan dan tarian dolanan yang dimainkan anak-anak. Sandiaga juga melihat langsung proses pembuatan patung kuningan, patung batu, patung terakota dan batik tulis khas Majapahit.

Saat meninjau Pasar Rakyat Kampung Majapahit, Sandiaga memborong berbagai kuliner buatan emak-emak di Desa Bejijong. Mulai dari telor asin asap, es ketan, ayam ungkep kemaron, getuk Majapahit, manisan buah, hingga minuman secang.

Sandiaga Uno Kunker ke MojokertoSandiaga Uno Melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Majapahit Mojokerto Foto: Enggran Eko Budianto/detikTravel

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Sandiaga menandatangani prasasti penetapan Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong dan menyerahkan piagam penghargaan Bejijong sebagai 50 desa wisata terbaik di Indonesia. Ia juga mendapat cendera mata berupa patung Budha tidur dari pengurus vihara dan batik Majapahit dari Bupati Mojokerto.

"Alhamdulillah di tengah pandemi Desa Wisata Majapahit Bejijong ini masuk desa wisata 50 terbaik se-Indonesia," kata Sandiaga Uno kepada wartawan di lokasi, Kamis (16/9/2021).

Selanjutnya ---->> Desa Bejijong Jadi Prioritas Kemenparekraf

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA