Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Sep 2021 12:23 WIB

TRAVEL NEWS

Sandiaga: 80% Devisa Negara Khususnya Pariwisata Hilang Selama Pandemi

Sandiaga Uno Kunjungan kerja ke Kampung Blekok, Situbondo
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Kampung Blekok Situbondo (Chuk Shatu W/detikTravel)
Situbondo -

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut sedikitnya 80 persen devisa negara, khususnya sektor pariwisata hilang selama pandemi. Namun dia yakin devisa itu akan pulih.

"Benar. Kita kehilangan 80 persen devisa. Tapi kami optimis, (hilangnya devisa) ini dapat pulih pada tahun-tahun mendatang," jelas Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat mengunjungi Kampung Blekok, Situbondo, Jumat (17/9/2021).

Mantan Cawapres RI ini mengaku, kondisi pariwisata selama masa pandemi ini memang prihatin. Namun masih ada secercah harapan. Yakni dengan tampak makin menurunnya angka pertumbuhan COVID-19. Pun penanganannya yang lebih terkendali.

"Kami melihat mulai ada kebangkitan di desa-desa wisata di ini. Dengan menguatkan community base tourism atau wisata berbasis komunitas," papar pria yang karib dipanggil Mas Menteri ini.

Lebih jauh ia mengimbuhkan, selama pandemi ini memang ada sekitar 2 juta lapangan pekerjaan yang hilang selama pandemi ini. Tapi dirinya optimis dengan adanya desa wisata, akan bisa lebih memberdayakan masyarakat.

"Harapannya, semoga terbuka lapangan kerja baru yang berkualitas yang tercipta dari desa wisata ini," cetus Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno Kunjungan kerja ke Kampung Blekok, SitubondoSandiaga Uno Kunjungan kerja ke Kampung Blekok, Situbondo Foto: Chuk Shatu W/detikTravel

Pantauan detikcom di lapangan, dalam kunjungannya ke Kampung Blekok yang terletak di Desa Klatakan, Kendit, Situbondo itu, Menteri Pariwisata dan Ekraf, Sandiaga Uno, melihat dari dekat dan menyusuri hutan mangrove.

Hutan mangrove seluas sekitar 29,3 hektar tersebut merupakan satu di antara 50 nominator Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Saat ini, ajang itu tengah dalam tahap penjurian untuk dikerucutkan sebagai desa wisata terbaik.

Selanjutnya: harapan Sandiaga untuk pelayanan kesehatan di Situbondo

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Konten Kreatif Bantu Promosi Desa Wisata, Sandiaga Benahi Jaringan Internet"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA