Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 23 Sep 2021 10:05 WIB

TRAVEL NEWS

Cerita KS Jakarta Kota: Penertiban Stasiun Juanda dan Penumpang Salah Naik Kereta

Syanti Mustika
detikTravel
Stasiun Jakarta Kota sebagai cagar budaya
Kepala Stasiun (KS) Jakarta Kota Arkansyah (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Seba-serbi stasiun tentu dekat penumpang. Ada kisah menarik nih dari Kepala Stasiun Jakarta Kota saat penumpang ada yang salah naik kereta.

Saat ini, Stasiun Jakarta Kota dipimpin oleh Arkansyah. Sudah 4 bulan dia menjabat sebagai Kepala Stasiun Jakarta Kota. Dia sudah melanglang buana dalam dunia kereta api semenjak tahun 2000.

"Saat ini menjadi saya menjadi Kepala Stasiun Jakarta Kota dan baru menjabat 4 bulan. Sebelumnya saya menjabat di Stasiun Bogor, Semarang Tawang, Tanah Abang, Sudirman, Tanjung Barat. Saya diterima di kereta api pada tahun 2000," ungkap Arkansyah kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Arkansyah pun menceritakan salah satu pengalamannya yang paling berkesan selama menjabat kepala stasiun. Stasiun Juanda adalah pengalaman yang paling berkesan baginya hingga saat ini.

"Pengalaman yang berkesan yaitu pada saat penertiban Stasiun Juanda pada saat direktur utama KAI Pak (Ignasius) Jonan. Kita sama-sama tahu, gimana dulu Stasiun Juanda yang sangat kumuh, ojek-ojek sembarangan artinya semrawut, Nah itu yang kita tertibkan. Dan itu adalah pengalaman yang paling berkesan buat saya, sekarang bisa lihat sendiri kan bagaimana Stasiun Juanda. Dulu masa itu penuh dengan tekanan dan masalah. Namun bila melihatnya sekarang, ada kepuasan tersendiri," lanjut Arkansyah.

Pengguna KRL di Jakarta tentu tak asing dengan Stasiun Jakarta Kota. Banyak hal menarik tentang stasiun yang dulunya dipanggil Stasiun Beos itu lho.Stasiun Jakarta Kota. Foto: Pradita Utama


Ceritanya tidak berhenti di situ. Arkansyah juga membagikan kisah lucu saat dia menghadapi penumpang yang salah masuk kereta.

"Kejadiannya belum lama ini. Di Stasiun Jakarta Kota kan ada kereta munduran, kereta jarak jauh. Jadi ada penumpang dia bermaksud untuk naik KRL, tapi malah masuk ke kereta jarak jauh. Ternyata penumpang itu sebelumnya belum pernah naik KRL," ujarnya.

"Lucunya itu, sepertinya dia sedang merekam dia naik KRL. Dengan PD-nya dia menyebutkan naik KRL, tapi malah salah naik, dia naik ke kereta jarak jauh. Untunglah petugas kita sigap dan langsung mengingatkan. Menurut saya itu lucu, karena dia sudah senang memegang ponselnya sambil masuk ke dalam kereta, eh ternyata salah kereta. Dengan PD-nya dia masuk tanpa bertanya dulu kepada petugas. Saya tahu karena saya kebetulan ada di lokasi saat itu," cerita Arkansyah sambil tertawa mengenang kisah itu.

Stasiun Jakarta Kota sebagai cagar budayaArkansyah, Kepala Stasiun Jakarta Kota Foto: (Pradita Utama)

Selanjutnya tantangan menjadi kepala stasiun Jakarta Kota

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA