Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Sep 2021 21:18 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Bangunan Termegah, Ini Kontes Bangunan Terjelek di China

Bangunan terjelek
Foto: Bangunan boneka terbesar di dunia (Archy.com)
Beijing -

Ada kompetisi bangunan terjelek di China. Kira-kira gedung apa ya yang jadi pemenang?

Mengutip CNN, Presiden Xi Jinping telah menyerukan arahan untuk diakhirinya struktur gedung yang besar, xenosentris/asing dan aneh. Situs arsitektur China, Archcy.com pun menggelar kompetisi tahunan untuk menentukan bangunan terjelek.

Sudah terkumpul 87 bangunan, ajang ini bertujuan untuk membangkitkan pemikiran orang akan keindahan dan keburukan arsitektur, serta meningkatkan rasa tanggung jawab sosial para praktisi di industri konstruksi.

Bangunan yang terdapat di dalam daftar di antaranya gedung pencakar langit, museum, hotel dan fasilitas olahraga. Beberapa bentuk gedungnya memang tak biasa bahkan disebut aneh.

Saat kompetisi dibuka, situs ini sudah menarik lebih dari 30.000 jajak pendapat dari masyarakat. Pemungutan suara diambil hingga Desember, sementara para juri terdiri dari arsitek, kritikus dan akademisi.

Pemilihan akhir dari 10 gedung terjelek di tahun 2021 akan diumumkan pada akhir tahun. Suara publik akan berkontribusi sebanyak 40 persen dari keputusan akhir.

Mengutip Daily Mail, di antara nominasinya adalah Mazhouli Matryoshka Hotel dengan boneka babushka setinggi 73 meter, bangunan boneka terbesar di dunia. Ada juga gereja di Desa Yongping yang memiliki bangunan berbentuk biola putih dengan menara salib menjulang ke langit. Proyek tersebut bahkan menelan biaya lebih dari dua juta yuan atau sekitar 4 M.

Bangunan terjelekGereja dengan bangunan berbentuk biola Foto: (Archy.com)

Selain itu, ada Menara Jembatan Kaca Gunung Jiuhuangshan di Mianyang, Sichuan, di sana terdapat dua patung besar pria dan wanita yang memakai pakaian tradisional.

"Saya belum pernah melihat bangunan seburuk ini," kata salah satu komentar.

Bangunan terjelekJembatan kaca Foto: (Archy.com)

Ada juga rumah terbalik warna-warni di Chongqing di persimpangan Majiapu, sebelah Jalan Longhu Shidaitian di Daping. Bangunan tersebut disebut plagiarisme dari rumah terbalik di Taipei.

Selanjutnya
Halaman
1 2
BERITA TERKAIT
BACA JUGA