Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Okt 2021 15:10 WIB

TRAVEL NEWS

Sempat Dibatasi, Kini WNA India Dapat Langsung Masuk ke Indonesia

Syarat Masuk Indonesia untuk WNI dan WNA Terbaru, Cek di Sini
Ilustrasi Bandara Internasional Soekarno Hatta (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Setelah sempat dilarang, kini WNA India dapat kembali masuk ke Indonesia. Namun, ada prokes ketat yang menanti.

Pembatasan masuknya WNA ke Indonesia selama masa penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional kembali mengalami penyesuaian. Menurunnya angka penyebaran COVID19 dan meningkatnya vaksinasi COVID-19 di India berdampak pada perubahan kebijakan protokol kesehatan bagi pelaku perjalanan internasional dengan riwayat perjalanan dari India.

"Dalam Surat Edaran Kementerian Luar Negeri RI tertanggal 13 Oktober 2021 dinyatakan bahwa sejak 12 Oktober 2021, Indonesia telah mencabut pembatasan masuk ke Indonesia bagi WNA yang memiliki riwayat perjalanan dari India dalam kurun waktu 14 hari sebelum kedatangan", ungkap Kepala Sub Bagian Humas Ditjen Imigrasi, Achmad Nur Saleh seperti dikutip detikTravel dari informasi di situs resmi Ditjen Imigrasi, Minggu (17/10/2021).

Surat edaran tersebut juga menjelaskan bahwa Pemerintah RI telah mempelajari tren penurunan laju penularan kasus COVID-19 di India berdasarkan data penelitian ilmiah dari WHO dan John Hopkins University Center for Science and Engineering (JHU CSSE).

Namun, kedatangan penumpang internasional dari India tetap mengikuti ketentuan protokol kesehatan perjalanan internasional sebagaimana diatur oleh Satgas Penanganan COVID-19.

"Untuk karantina mandiri bagi Orang Asing maupun WNI yang datang ke Indonesia dari India mengikuti surat edaran dari Satgas COVID-19, yakni selama 8 (delapan) hari. Pelaku perjalanan internasional diminta untuk membawa serta sertifikat vaksinasi COVID-19 dosis lengkap serta hasil tes RT-PCR yang dilakukan paling lama 3×24 jam sebelum keberangkatan", tutur Achmad.

Hingga saat ini, kebijakan keimigrasian masih mengacu kepada Peraturan Menkumham No. 34 Tahun 2021. Orang Asing dengan visa, izin tinggal serta kartu pebisnis APEC yang sah dan berlaku dapat memasuki wilayah Indonesia. Adapun pemberian visa offshore masih dibatasi untuk beberapa tujuan kedatangan.



Simak Video "India Siap Buka Pintu Masuk untuk Turis Mancanegara"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA