Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Okt 2021 09:07 WIB

TRAVEL NEWS

Kei Surga Tersembunyi, Akses Listrik hingga Sinyalnya Bagus Nggak Ya?

Pulau Bair atau Baer di Kepulauan Kei
Pulau Bair di Kepulauan Kei (Didik Dwi Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Kepulauan Kei menyuguhkan keindahan bahari yang masih sangat alami dan asri. Bahkan banyak yang mengatakan Kei adalah surga tersembunyi.

Berada di Timur Indonesia, mungkin banyak yang mempertanyakan akses jalan dan listrik di Kepulauan Kei. Namun, wisatawan tak perlu ragu untuk berlibur ke pulau indah ini.

"Untuk listrik tidak ada masalah lagi, Insyaallah dalam waktu dekat, jadi harus memberikan Kei itu keindahannya itu lengkap dengan sarana prasarananya," kata Bupati Maluku Tenggara, Muhammad Thaher Hanubun dalam Talkshow Harmoni Festival Pesona Meti Kei 2021, Kamis (21/10/2021).

Begitu pula dengan koneksi sinyal seluler di Kepulauan Kei. Meski belum teratasi sampai 100 persen, namun traveler tak perlu takut untuk sulit berkomunikasi.

"Kalau sampai di Kei bisa komunikasi, walaupun kita ada di Kei Besar pulau terluar yang sudah ditetapkan sebagai pulau terluar Indonesia dalam PP 19 tahun 2017 dan PP 19 tahun 2020 ditetapkan sebagai pintu gerbang Indonesia itu kita dapat komunikasi langsung dengan Telkom yang sudah tersedia," kata Thaher.

"Kurang lebih di saat itu sudah 88% di Kei Kecil sudah 92% dan kemarin saya ke Jakarta dan bertemu dengan Kominfo dan sudah terjawab akan teratasi mudah-mudahan sampai 100%," tambahnya.

Meski begitu, dalam kesempatan ini, Bupati Maluku Tenggara meminta kemungkinan pemerintah untuk membantu melengkapi sarana yang ada di Kepulauan Kei. Dia pun mengatakan bahwa Kei tak jauh dari Jakarta ataupun Bali, Kei memiliki hubungan emosional dengan Bali.

"Untuk itu hanya saya butuh melalui Menteri Pariwisata, saya butuh sekali dan Pak Menko Maritim Pak Luhut sudah datang ke sini, Menteri Kelautan Perikanan sudah datang ke sini, Menteri Perhubungan minggu yang lalu sudah datang ke sini maka saya cuma memohon supaya mungkin saja ada sarana-sarana tambahan lainnya yang dilengkapi," kata Thaher.

"Untuk itu barangkali saja bahwa dengan dukungan dari kita semua bisa ditetapkan sebagai satu destinasi dan wisata nasional dan itu sudah dibuktikan dengan surat dari Menteri Pariwisata dan ke depan untuk Kei ini Insya Allah," tambahnya.

Bupati Maluku Tenggara ini pun mengingatkan kembali bahwa Kei sudah memiliki akses listrik hingga sarana prasarana yang tengah dikembangkan. Dia pun meminta dibukakan akses penerbangan ke Kei, misalnya antar Bali-Kei atau Kei-Darwin.

"Jadi jangan kira bahwa sampai di Kei kita susah komunikasi jalannya nggak ada jangan. Kei itu jalannya sudah ada listriknya sudah ada dan sarana-sarana lain air minum air bersih semua sudah sudah ada walaupun belum 100% tapi semua udah ada," kata Thaher.

"Untuk itu, kepada pariwisata khususnya, ya karena kami hanya diberikan akses saja dibuka jalur penerbangan, misalkan dari Kei-Bali Kei- Darwin karena dia sangat dekat dengan Darwin, itu berarti sudah luar biasa," tambahnya



Simak Video "Celebrity on Vacation: Berenang di Goa Hawang Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA