Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 22 Okt 2021 18:02 WIB

TRAVEL NEWS

Ganjil Genap di Jalur Puncak-Sentul, Lalu Lintas Padat tapi Terkendali

Putu Intan
detikTravel
Petugas gabungan Satgas COVID-19 memeriksa kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak, Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (11/2/2021). Pemeriksaan dan penyekatan wisatawan yang hendak berwisata ke kawasan Puncak Bogor tersebut sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19 jelang libur Tahun Baru Imlek 2572 dan libur akhir pekan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Ilustrasi Jalur Puncak. Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Jakarta -

Polres Bogor menerapkan sistem ganjil genap untuk mengurai keramaian di Jalur Puncak dan Sentul pada libur akhir pekan. Situasi jalan dilaporkan padat tapi masih terkendali.

Sistem ganjil genap diberlakukan pada Jumat-Minggu tanggal 22-24 Oktober 2021. Untuk hari ini, Jumat (22/10/2021) diberlakukan sistem genap, artinya hanya kendaraan roda dua dan empat berpelat genap yang boleh melintas.

Untuk kondisi pada Jumat sore, Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata menuturkan bahwa volume kendaraan menuju Puncak dan Sentul terpantau tinggi. Akan tetapi situasi masih dapat dikendalikan sehingga tak terjadi kemacetan.

"Volume kendaraan luar biasa. Walaupun saat ini sudah dimainkan pola ganjil genap untuk mengatur volume masuk namun memang jumlah kendaraan tinggi. Dengan pola seperti ini saja sudah ramai, kalau tidak dimainkan ganjil genap artinya akan lebih parah," kata Dicky ketika dihubungi detikcom.

"Saat ini angka memang tinggi namun masih kondusif. Kemacetan tidak sampai yang berhenti sama sekali. Tetap mengalir tapi padat," sambungnya.

Menurut Dicky, Jalur Puncak memang memiliki keunikan yang menyebabkan seringkali kendaraan terhenti di sana. Tak cuma soal volume, kondisi jalan yang lebar kemudian menyempit juga menjadi faktor yang menyebabkan terjadinya penumpukan kendaraan.

"Memang kondisi Puncak memiliki dinamika yang unik. Misalnya dari jalan lebar yang bisa 4 jalur, nanti menyempit menjadi 2 atau 3 jalur," paparnya.

Terkait sistem ganjil genap yang saat ini diberlakukan, Dicky juga menjelaskan ada 8 titik pemeriksaan kendaraan di Jalur Puncak dan Sentul. Pembagiannya adalah 6 titik di Puncak dan 2 titik di Sentul.

"Untuk Sentul ada 2 titik pemeriksaan di Sentul Utara dan Sentul Selatan," ujarnya.

"Untuk Puncak ada 6 titik di Cibanon, Ciawi, Gadog, Bendungan, Pasir Angin, dan Rainbow Hills," ia melanjutkan.

Selain itu, Dicky juga mengatakan Polres Bogor membuka gerai vaksin mobile di Simpang Gadog. Pengendara yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama dan kedua dapat datang ke sana.



Simak Video "Ingat! Ganjil-Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(pin/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA