Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 26 Okt 2021 11:54 WIB

TRAVEL NEWS

Tradisi Tahunan Buka Cupu Panjala di Gunungkidul, Apa Hasilnya?

Masyarakat Gunungkidul khususnya di Pedukuhan Mendak, Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul setuap tahun selalu melakukan tradisi unik yakni membuka Cupu Panjala.  Masyarakat meyakini hasil pembukaan cupu sebagai perkiraan yang akan terjadi satu tahun ke depan.
Foto: Tradisi buka Cupu Panjala (Pradito Rida Pertana/detikcom)

Juru kunci Cupu Ki Panjala Dwidjo Sumarto mengatakan, bahwa masyarakat jangan berlebihan dalam mengartikan simbol-simbol pada kain pembungkus Cupu Panjala. Pasalnya simbol-simbol tersebut hanyalah pengingat dalam menjalani kehidupan.

"Meniko namung ngelingke pratondo (ini hanya sebagai pengingat akan pertanda), lan sumonggo sedoyo masyarakat sabar mboten sah menggaleh werno-werno (dan mari semua masyarakat sabar serta tidak usah berfikir macam-macam)," katanya saat ditemui wartawan di lokasi pembukaan Cupu Panjala, Selasa (26/10/2021) dini hari.

Sementara itu, Ketua Dewan Budaya Kabupaten Gunungkidul CB Supriyanto mengatakan, bahwa penafsiran dari setiap gambar yang muncul pada kain pembungkus Cupu Panjala kembali lagi diserahkan kepada masing-masing individu. Pasalnya, zaman dahulu gambar-gambar yang muncul tersebut hanya dijadikan pertanda terkait bidang pertanian saja oleh masyarakat sekitar.

"Jadi dulu itu hanya dipakai sebagai lambang atau tanda dalam kegiatan pertanian. Kalau sekarang dimaknai ke banyak hal termasuk politik dan lain-lainnya dipersilakan," ujarnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(elk/elk)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA