Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 31 Okt 2021 09:25 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Tupai Terbang Endemik Jepang yang Super Imut

Syanti Mustika
detikTravel
Tupai terbang kerdil Jepang atau Ezo Momonga
Tupai terbang kerdil Jepang (iStock)
Tokyo -

Tupai mini menggemaskan ini hanya bisa ditemukan di Jepang. Tupai kerdil Jepang ini dikenal juga dengan nama Ezo Momonga.

Dunia hewan memang selalu menarik untuk dikulik, apalagi traveler adalah pecinta hewan dan suka berpetualangan di alam. Tentu pengetahuan tentang hewan bisa membuat travelingmu semakin seru.

Salah satu hewan yang menarik untuk diketahui adalah Japanese Dwarf Flying Squirrel atau tupai terbang kerdil Jepang. Kalau orang Jepang menyebut tupai ini Ezo Momonga.

Dirangkum detikTravel, Minggu (31/10/2021), Ezo Momonga menjadi salah satu tupai terbang yang ada di dunia. Hewan ini hanya bisa kamu temukan di di Pulau Honshu dan Kyushu di Jepang.

Tupai terbang kerdil Jepang atau Ezo MomongaTupai terbang kerdil Jepang atau Ezo Momonga Foto: (iStock)

Sesuai dengan namanya, panjang tupai ini sekitar 14-20 cm saja dengan panjang ekor 10-14 cm. Berat tubuh mereka hanyalah 150-220 gram. Namun walau bobotnya kecil, dalam sekali meluncur tupai ini mampu menempuh jarak 100 meter lho.

Karena bobotnya yang kecil inilah, tupai Jepang ini sulit ditemukan karena butuh usaha lebih untuk bisa menatap betapa gemasnya dia. Tupai terbang kerdil Jepang ini biasanya bersarang di dalam lubang atau pepohonan dan memakan biji-bijian, kenari, dan jenis jamur lain yang ditemukan di hutan.

Tupai gemas ini adalah mahluk nokturnal yang menghabiskan siang hari di dalam sarang atau lubang pohon. Mereka hanya keluar saat senja saja. Tentu kebiasaannya ini semakin sulit ditemukan oleh manusia.

Ditambah lagi hewan ini juga jarang turun ke tanah. Mereka pindah dari satu pohon ke pohon lain untuk menghindari pemangsa.

Tupai terbang kerdil Jepang atau Ezo MomongaTupai terbang kerdil Jepang atau Ezo Momonga Foto: (iStock)

Adapun pola hidup tupai ini mereka berjenis kelamin yang sama akan berbagi pohon. Jadi kalau menemukan satu tupai, kemungkinan kamu juga akan menemukan yang lainnya karena mereka hidup secara berkelompok.

Lucunya lagi, Ezo Momonga adalah mahluk yang mageran kalau lagi makan. Mereka juga punya cara tidak biasa yaitu makan dalam kondisi tergantung terbalik di rating pohon. Posisi ini biasa mereka gunakan juga untuk meregangkan badan dan menjangkau barang-barang yang mudah.



Simak Video "Ada Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang, Ini Syarat dan Fasilitasnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(sym/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA