Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 01 Nov 2021 12:13 WIB

TRAVEL NEWS

Bersepeda Menyelamatkan Macan Tutul Jawa

Komunitas Pekerja Bersepeda - Bike to Work B2W wilayah Bogor (Gowel Bogor), mengadakan kegiatan Bogor Ultra Loop yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2021.
Foto: dok Panitia Bogor Ultra Loop
Bogor -

Komunitas Pekerja Bersepeda - Bike to Work (B2W) wilayah Bogor (Gowel Bogor), mengadakan kegiatan Bogor Ultra Loop yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2021.

Bogor Ultra Loop diikuti sebanyak 180 peserta yang berasal dari Jabodetabek, Purwakarta dan Bandung. Acara diselenggarakan oleh B2W Indonesia Wilayah Bogor bekerjasama dengan AEON MALL Sentul City dan Pemerintah Kabupaten Bogor serta didukung oleh Yayasan SINTAS Indonesia, Padi UMKM, CIMB Niaga Syariah, RS. EMC Sentul, PT. Danone Indonesia, Zunagloves, Natrabu, Consina, Raos kopi, Geliga, dalkotloop dan Rodalink

Acara ini bersifat bersepeda santai (fun bike) dengan berbatas waktu, setiap peserta yang tiba di garis finish mendapatkan hadiah dari panitia serta souvenir dari sponsor dengan dibagi 3 segmen, Man untuk MTB, Man untuk Gravel dan All Women.

Kegiatan bersepeda ini merupakan acara bersepeda ultra mandiri (self-supported ultra cycling) dalam arti segala sesuatu yang terjadi saat mengikuti acara ini mutlak menjadi tanggungjawab peserta. Dan hanya jenis sepeda gunung (mountain bike) dan sepeda gravel yang diperbolehkan mengikuti kegiatan ini, dikarenakan jalur Puncak 2 masih ada jalan yang rusak yang masih diperbaiki.

Bogor Ultra Loop memiliki jarak tempuh 101 km dengan elevasi maximum 2.600 m EG, melewati Puncak Pass dan Puncak Dua yang mulai dan berakhir di AEON Mall Sentul sebagai pusat kegiatan dan tuan rumah acara.

"Kegiatan Bogor Ultra Loop diharapkan dapat membantu meningkatkan pariwisata khususnya di wilayah Kabupaten Bogor dan menghidupkan kembali kegiatan bersepeda," ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Bogor Trian Turangga.

Penyelamatan Macan Tutul Jawa (Javan Leopard)

Bogor ultra Loop juga diadakan untuk membangun kesadaran tentang pentingnya penyelamatan Macan Tutul Jawa (Javan Leopard - Panthera pardus melas) yang menghuni Gunung Gede Pangrango dan sekitar 28 petak habitat lainnya di Pulau Jawa. Jalur yang dilalui Bogor Ultra Loop adalah tepian habitat Macan Tutul Jawa.

Yayasan Sintas merupakan pemerhati lingkungan yang peduli tentang Macan Tutul Jawa, salah satu subspesies macan tutul yang paling unik, namun juga terancam punah di dunia.

"Setelah punahnya harimau jawa, macan tutul jawa merupakan satu-satunya karnivora besar yang tersisa di Pulau Jawa. Karenanya, kelestarian macan tutul jawa adalah tanggung jawab kita bersama. Bogor Ultra Loop ini merupakan contoh di mana masyarakat umum berkontribusi menyuarakan pentingnya pelestarian satwa kharismatik ini," ungkap Ketua Yayasan SINTAS Indonesia Hariyo T Wibisono.



Simak Video "Krisis Chip Perlahan Teratasi, Penjualan Motor Bangkit Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA