Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Nov 2021 17:04 WIB

TRAVEL NEWS

Taman Nasional Komodo Kebakaran, Bukan di Zona Wisata

bonauli
detikTravel
Kebakaran Pulau Rinca
Pulau Rinca kebakaran (A Junaedi/Istimewa)
Manggarai Barat -

Lokasi kebakaran Taman Nasional Komodo ada di Loh Serai. Di manakah letak Loh Serai? Kepulan asap diketahui datang dari bagian barat Pulau Rinca, Loh Serai. Loh Serai masuk dalam SPTM Wilayah I Balai Taman Nasional Komodo.

"Ini bukan di lokasi wisata komodo," ujar Dirut Badan Pelaksana Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BPOLBF) Shana Fatina, kepada detikTravel.

Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau utama, yaitu Komodo, Rinca, Padar dan pulau-pulau kecil lain dengan total luas 603 km persegi. Apabila ditotal keseluruhan area TN Komodo mencapai 1.817 Km persegi seperti tertulis di situs Taman Nasional Komodo.

TNK memiliki 9 zonasi yang sudah diperbarui dengan skala 1:75.000 yang diberikan oleh BPOLBF. Yang pertama adalah Zona Inti dengan luas 34.311 ha. Loh Serai masuk dalam zona inti Taman Nasional Komodo.

Zona Inti mutlak dilindungi, di dalamnya tidak diperbolehkan adanya perubahan apapun oleh aktivitas manusia. Kecuali yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, pendidikan dan penelitian.

Kemudian ada zona Rimba dengan luas 22.187 ha, Zona Perlindungan Bahari 36.308 ha, Zona Khusus Pelagis 59.601 ha, Zona Pemukiman 298 ha, Zona Pemanfaatan Tradisional Daratan 879 ha, Zona Pemanfaatan Bahari 17.308 ha, Zona Pemanfaatan Wisata Daratan 824 ha dan Zona Pemanfaatan Wisata Bahari 1.584 ha.

Zona Inti diberi dengan warna merah. Artinya zona ini harus tetap lestari tanpa ada pembangunan sama sekali. Sementara zona pemanfaatan diberi warna hijau.

Kebakaran hutan sudah kerap terjadi di Taman Nasional Komodo. BPOLBF berharap agar ada alokasi dana masa depan untuk antisipasi kebakaran hutan.

"Intinya kita mesti meningkatkan alokasi anggaran untuk antisipasi penanganan kebakaran, khususnya di musim kemarau. Ini bisa di anggaran BTNK atau di anggaran pasukan safety security," tuturnya.

Tim patroli masih terus mengkaji penyebab kebakaran savana di Loh Serai Taman Nasional Komodo dan akan memperkirakan luas wilayah terbakar menggunakan bantuan unmanned aerial vehicle (UAV) serta digitalisasi peta untuk memperoleh data yang lebih akurat. Ekosistem savana merupakan salah satu ekosistem yang sangat rentan terhadap bencana kebakaran hutan.



Simak Video "UNESCO Minta Pemerintah Indonesia Stop Proyek di Pulau Komodo"
[Gambas:Video 20detik]
(bnl/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA