Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Senin, 08 Nov 2021 11:27 WIB

TRAVEL NEWS

Hiu Paus Ini Namanya Sandiaga Salahuddin Uno, Lebih Besar dari Susi Pudjiastuti

Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang kaya akan potensi alam juga budaya. Ada satu destinasi yang menjadi favorit wisatawan, yakni wisata Hiu Paus
Sandiaga Uno di Bone Bolango Foto: Kemenparekraf
Bone Bolango -

Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang kaya akan potensi alam juga budaya. Namun, ada satu destinasi yang selama ini menjadi favorit wisatawan. Yakni wisata Hiu Paus Botubarani di Kabupaten Bone Bolango.

Hewan laut yang memiliki nama latin rhyncodon typus ini kerap muncul di pantai yang menghadap perairan Teluk Tomini. Biasanya hiu pemakan plankton ini muncul ke permukaan untuk mencari makan pada pagi hari dan sore hari.

Keberadaan Hiu Paus ini juga membuat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, tertarik untuk "bercengkrama" dengan ikan yang dapat tumbuh hingga ukuran 20 meter dan berat enam ton ini. Pada Minggu (7/11/2021) pagi, di sela-sela olahraga paginya, Sandiaga menyempatkan diri untuk snorkeling di Pantai Botubarani.

Dari hotel tempatnya menginap, Sandiaga dan rombongan bertolak ke Pantai Leato untuk berolahraga pagi. Dari sana, Menparekraf Sandiaga beserta rombongan berlari sejauh 3,2 kilometer menuju Pantai Botubarani.

Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang kaya akan potensi alam juga budaya. Ada satu destinasi yang menjadi favorit wisatawan, yakni wisata Hiu PausGorontalo merupakan salah satu provinsi yang kaya akan potensi alam juga budaya. Ada satu destinasi yang menjadi favorit wisatawan, yakni wisata Hiu Paus Foto: Kemenparekraf

Sepanjang perjalanan, Sandiaga beserta rombongan disuguhi pemandangan hamparan laut biru yang luas dihiasi dengan langit biru nan cerah. Setibanya di Botubarani, rombongan kemudian melakukan pemanasan dan persiapan sebelum terjun ke air untuk snorkeling.

Ditemani petugas dari Pangkalan TNI AL Gorontalo, Sandiaga menumpangi perahu karet yang telah disiapkan untuk terjun ke laut.

Tak perlu menunggu lama, Sandiaga bertemu dengan gerombolan hiu paus berjumlah enam ekor. "Hari ini kita melihat keagungan Yang Maha Kuasa bahwa ada sekelompok hiu paus berjumlah enam ekor hadir di sini," kata Sandiaga.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Bone Bolango, Hamim Pou menamai salah satu dari enam hiu paus yang mereka temui dengan nama Sandiaga Salahuddin Uno.

"Ada tradisi di sini, jadi satu dari enam ekor hiu paus hari ini kami beri nama Sandiaga Salahuddin Uno dengan panjang enam meter, sama seperti Ibu Menteri Susi datang tahun 2016, satu ekor hiu paus kita beri nama Susi Pudjiastuti," ungkap Hamim Pou.

Gorontalo merupakan salah satu provinsi yang kaya akan potensi alam juga budaya. Ada satu destinasi yang menjadi favorit wisatawan, yakni wisata Hiu PausGorontalo merupakan salah satu provinsi yang kaya akan potensi alam juga budaya. Ada satu destinasi yang menjadi favorit wisatawan, yakni wisata Hiu Paus Foto: Kemenparekraf

Menurutnya, hiu yang memiliki nama sama dengan Menparekraf Sandiaga ini merupakan salah satu ikan yang berukuran besar dibandingkan kawanannya yang lain. "Ikan ini ukurannya 6,2 meter. Ini ukurannya cukup besar," ucapnya.

"Kira-kira besaran mana ikan Susi atau Ikan Sandi?," tanya Sandiaga Uno.

"Ikan Sandi dong lebih besar dan lebih panjang," balas Bupati disambut tawa.

"6,2 meter menurut Pak Iman, kalau Bu Susi 5,1, jadi ini (ikan hiu paus Sandiaga Salahuddin Uno) bisa lebih besar lagi," ungkap Sandiaga Uno tertawa.

Selanjutnya Wisata Hiu Paus Dikembangkan dengan Konsep 3S

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menparekraf Jawab Isu Larangan Konser hingga Akhir Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
BERITA TERKAIT
BACA JUGA