Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Nov 2021 12:13 WIB

TRAVEL NEWS

Keren! Nenek Ini Panjat Tebing di Ulang Tahunnya yang ke-70

Keren, Nenek Ini Panjat Tebing di Ulang Tahun ke 70
Nenek Ini Panjat Tebing di Ulang Tahunnya yang ke-70 (Dierdre Wolownick/instagram)
California -

Panjat tebing bukan aktivitas yang mudah bagi segala umur. Tapi nenek ini berhasil mencapai puncak di usia 70 tahun.

Seorang wanita bernama Dierdre Wolownick mendaki tebing pada perayaan ulang tahunnya yang ke-70. Dia pun memecahkan rekor dengan menjadi wanita tertua yang mendaki El Capitan, Taman Nasional Yosemite.

Dierdre adalah ibu dari pendaki terkenal Alex Honnold. Perjalanan menantang menjadi yang kedua kali baginya. "Apapun yang dapat Anda impikan yang ingin Anda lakukan, Anda dapat melakukannya, hanya satu langkah kecil pada satu waktu," tambahnya.

Sebelumnya pada 2017, dia pernah ikut anaknya mendaki dalam perjalanan selama 13 jam naik dan 6 jam turun di rute Lurking Fear. Kini, bersama 10 teman Dierdre kembali melakukan pendakian.

"Mendaki El Cap pada usia 70 mengambil risiko, secara fisik, mental dan emosional," tulis Dierdre dalam situs web pribadinya.

Keren, Nenek Ini Panjat Tebing di Ulang Tahun ke 70Keren, Nenek Ini Panjat Tebing di Ulang Tahun ke 70 Foto: (Dierdre Wolownick/instagram)

Dierdre menggambarkan sepertiga perjalanan pertama adalah pendakian dua jam yang melelahkan. Dia menyambar pohon-pohon kecil dan tepian batu besar atau apapun yang bisa membantunya hingga melewati sungai dengan batu-batu besar.

Sedangkan sepertiga berikutnya, dia menuturkan, hanya kekuatan inti yang bisa membuat pendaki tetap berposisi vertikal saat naik. Kaki terakhir dari pendakian adalah yang paling intens.

"Lempengan granit yang membawa Anda ke atas seperti sepertiga terakhir yang tampak seperti bermil-mil," tulis Dierdre.

Keren, Nenek Ini Panjat Tebing di Ulang Tahun ke 70Keren, Nenek Ini Panjat Tebing di Ulang Tahun ke 70 Foto: (Dierdre Wolownick/instagram)

Bahkan, dia sempat berpikir kalau momen itu adalah saat terburuk dalam pendakiannya. Dierdre membayangkan jatuh dari ketinggian 3.200 kaki.

Namun ketakutannya tak terjadi, Dierdre berhasil mencapai puncak tepat waktu! Dia pun menikmati kue dan sampanye saat matahari terbenam dari ketinggian.

Menurut Honnold, ibunya mungkin bukan pendaki tercepat atau terkuat, tapi dia bersedia bertahan untuk waktu yang lama.

"Saya pikir dia adalah contoh yang sempurna saat terinspirasi oleh sesuatu, menjadi bergairah tentang sesuatu dan menemukannya di usia paruh baya," tutur anaknya kepada CBS News.



Simak Video "Menjajal Panjat Tebing Via Jalur Verrata di Gunung Parang"
[Gambas:Video 20detik]
(elk/ddn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA