Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Nov 2021 18:59 WIB

TRAVEL NEWS

Sejarah dan Mitos Telaga Ranjeng Brebes yang Dipenuhi Ribuan Ikan Jinak

Imam Suripto
detikTravel
Telaga Ranjeng Brebes
Foto: Imam Suripto/detikcom

Tak hanya pesona alam dengan kekayaan flora dan faunanya, Telaga Ranjeng juga dipercaya masyarakat sebagai tempat tinggal sejumlah damyang atau mahluk halus. Salah satu mitos yang sangat kental di masyarakat sekitar adalah ikan lele raksasa, atau raja ikan lele yang tinggal di telaga tersebut. Sehingga, ika lele menjadi ikon Telega Ranjeng.

Sosok-sosok tak kasatmata lain yang dipercaya menghuni Telaga Ranjeng di antaranya, Ratu Wonara atau Ratu Siluman Kera Putih. Ratu Majeti atau siluman ular berkepala manusia. Ada lagi yang dikenal sebagai Eyang Putihan, Anglingkusumo yang merupakan putra dari Prabu Anglingdharma, Eyang Tunggul Wulung, Ratu Maung atau siluman Harimau putih, dan Nyi Dewi Rantamsari.

"Telaga Ranjeng ini, selain sebagai cagar alam, juga memiliki ekologi kebudayaan yang menarik. Masyarakat sekitar percaya adanya mitos di Telaga Ranjeng ini. Salah satunya, mitos ikan Lele yang berukuran besar, dimana ikan ini menjadi icon Telaga Ranjeng. Kemudian, masyarakat percaya adanya damyang atau mahluk halus yang menjadi penghuni telaga ini, seperti Ratu Wanora dan ular berkepala manusia. Semua ini merupakan ibu kebudayaan yang menarik di masyarakat sekitar," papar Wijanarto.

Di balik mitos mitos itu, Telaga Ranjeng merupakan cagar alam yang ramai dikunjungi wisatawan. Itu lantaran pesona alam, dan keunikan habitat ikan yang ada di Telaga tersebut. Pengunjung sangat menikmati saat memberikan makan ikan di Telaga yang jinak. Ikan-ikan itu diberi makan roti, yang bisa di beli di lokasi Telaga.

Nugroho (31), salah satu pengunjung Telaga Ranjeng mengaku, baru kali ini berkunjung. Ia mengetahui cerita Telaga Ranjeng dari temannya, sehingga penasaran untuk mengunjunginya.

"Ternyata benar, ikannya jinak dan besar-besar. Tempatnya juga masih sangat asri," singkatnya.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Soal Ibu Gorok 3 Anak: Cerita dari Saksi hingga Dapat Bisikan Gaib"
[Gambas:Video 20detik]

(pin/pin)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA