Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 17 Nov 2021 20:41 WIB

TRAVEL NEWS

Arab Saudi Miliki Hanggar Tiup Terbesar di Dunia

Hanggar tiup di Arab Saudi
Hanggar tiup di Arab Saudi (Foto: CNN)

Teknologi eksklusif

Hanggar tiup yang bergaris ini mengingatkan kita pada maskot ban Michelin, "Bibendum". Karena strukturnya terbuat dari tabung serat tiup yang dilapisi lapisan PVC.

Udara dihembuskan dari kedua ujung tabung untuk mengembangnya dan menjaga tekanan udara pada tingkat yang diinginkan secara terus menerus (tekanan di dalam tabung terus dipantau oleh sistem kontrol otomatis).

Jika Anda pernah menggunakan kasur tiup, Anda mungkin memperhatikan bahwa tekanan udara biasanya turun sedikit demi sedikit seiring waktu karena bocor halus. Volume udara juga berubah mengikuti suhu di sekitarnya.

Untuk mencegah hal ini, Buildair telah mengembangkan teknologi eksklusif, yang disebut AIRTIGHT. Sistem itu mampu menyegel struktur dan menahannya tanpa harus terus-menerus memompa udara ke dalam tabung.

Properti yang menguntungkan dari hanggar tiup ini adalah, tidak seperti batu bata dan lainnya, frekuensi radio bisa lewat dengan mudah. Seolah-olah bangunan itu transparan dan tidak akan ada banyak kendala mengenai persinyalan.

Udara di dalam tabung bertindak sebagai isolator, menciptakan ruang udara antara dinding luar dan dalam yang lebarnya bisa berjarak beberapa meter. Hangar Jeddah misalnya, memiliki ruang udara 7,5 meter, sehingga orang bisa masuk ke dalam setiap saat dan di semua iklim.

Interiornya dilengkapi dengan pencahayaan, kontrol iklim dan sistem proteksi kebakaran, sama seperti fasilitas konvensional.

Struktur hanggar tiup ini tidak permanen. Jadi, tidak seperti hanggar tradisional, mereka perlu diganti di beberapa titik. Namun, hanggar tiup dapat tetap di tempatnya selama bertahun-tahun.

Bahkan jika dinding luar menunjukkan tanda-tanda keausan karena paparan cuaca dan sinar matahari yang konstan, mereka dapat diganti sedikit demi sedikit. Jadi struktur keseluruhan tetap berada di tempatnya.

Dirakit dalam hitungan jam

Keuntungan utama pembangunan hanggar tiup adalah hanya memakan waktu kurang dari tiga bulan dari tahap perencanaan awal hingga mulai beroperasi. Perakitan bangunannya itu sendiri dapat diselesaikan dalam hitungan jam.

Bonus lainnya adalah tidak ada kaitan yang harus digali untuk memasangnya. Struktur hanggar tiup dapat menempel pada balok beton dan dapat dibongkar tanpa meninggalkan jejak permanen.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(msl/fem)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA